Kandungan gizi beras merah dibanding beras putih

Kandungan gizi beras merah dibanding beras putih. Kandungan gizi beras merah ini yaitu dimiliki karena terletak pada lapisan kecoklatan di beras merah. Beras merah adalah salah satu jenis makanan yang mudah dicerna. Kandungan mineral dalam beras merah ternyata mencukupi akan kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan rambut, kuku, gigi, otot, dan tulang.

Kandungan Gizi Beras Merah

Berikut ini beberapa kandugan gizi beras merah dibanding beras putih. Beras merah mengandung antioksidan dan fitonutrien yang dapat mendukung sistem imun, mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol, mengurangi resiko stroke, kanker usus besar, dan dapat meringankan asma.

Beras merah kaya akan selenium yang dapat mencegah perkembangan sel kanker, berperan mendukung perbaikan dan sintesis DNA pada sel-sel rusak serta. Selenium merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk metabolisme hormon tiroid dan sistem imun. Selenium juga digunakan hati untuk menetralkan molekul-molekul racun yang berbahaya.

Beras merah mengandung niasin yang berguna untuk meningkatkan kadar nitrat oksida dalam darah, yaitu molekul yang berfungsi untuk dilatasi pembuluh darah serta mencegah plak arterosklerosis.

Kandungan serat pada beras merah sangat baik untuk membantu fungsi pencernaan. Dan kandungan mineral mangan dan magnesium pada beras merah dapat membantu memroduksi energi dari protein dan karbohidrat serta terlibat dalam sintesis asam lemak esensial.

Mangan merupakan komponen penting pada enzim antioksidan, yaitu superoksida dismutase yang terdapat dalam mitokondria. Enzim ini melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang merupakan hasil samping pada produksi energi.

Kandungan gizi beras merah dibanding beras putih

Magnesium dapat meringankan penyakit asma, menurunkan tekanan darah, mengurangi sakit kepala, dan mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke. Jika tubuh kekurangan magnesium, kalsium dapat masuk ke saraf dan meningkatkan ketegangan.

Magnesium membantu pengaturan saraf dan otot dengan mencegah masuknya kalsium, mencegah kontraksi dan menjaganya agar tetap rileks. Magnesium juga diperlukan untuk kesehatan tulang.

Baca juga manfaat beras merah untuk bayi dan post manfaat beras merah yang dahsyat.