Makanan yang dianjurkan untuk wanita hamil

Advertisement
Makanan yang dianjurkan untuk wanita hamil. Ibu hamil sangat penting untuk memperhatikan pola makan yang benar dan tentu saja sehat dan menyehatkan. Ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk wanita hamil. Karena memilih menu makanan sehat dan bergizi buat ibu hamil sangat mempengaruhi tumbuhkembangnya janin. Hal ini artinya seorang ibu yang sedang mengandung janin tidak boleh asal dalam menkonsumsi makanan demi kesehatan bayi dan anak yang dikandung.

Ada banyak jenis makanan yang baik dan sangat di anjurkan untuk ibu hamil. Namun begitu pastinya banyak juga makanan-makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Misalnya saja, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan segar, dan ada beberapa jenis buah yang tidak boleh di konsumsi oleh ibu hamil. So, ibu hamil mesti memperhatikan makanan yang akan dikonsumsinya dan diharapkan untuk selektif dalam memilih jenis makanan.

Makanan yang dianjurkan untuk wanita hamil

Beberapa jenis buah-buahan yang dianjurkan untuk ibu hamil, misalnya sbb:

- buah mangga
- buah tomat
- jeruk bali
- buah jeruk manis
- buah pepaya, semua buah pepaya kaya akan vitamin C
- buah pisang, buah pisang kaya akan kandungan kalsium
- buah rambutan, semangka, bangkoang, manggis, sawo dll

Beberapa buah seperti yang disebutkan di atas sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil, baik itu dimakan secara langsung atau dibuat jus terlebih dahulu.

Nah, buah apa yang dilarang oleh ibu hamil? Buah yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi wanita hamil misalnya buah nanas, nangka, cempedak, dan durian.

Buah nanas dikatakan dapat menyebabkan keguguran. Nanas muda memiliki potensi sebagai abortivum, yaitu sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan.

Sedangkan buah-buahan seperti buah nangka, buah durian, dan buah cempedak dikatakan apabila dikonsumsi oleh ibu hamil dapat mengakibatkan perut terasa panas dan bisa menyebabkan diare serta muntah-muntah. Hal ini karena buah-buahan tersebut dapat bereaksi ke arah alkohol.

Dengan demikian, ibu hamil disarankan untuk hati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsinya. Jadi, konsultasikan terlebih dahulu kepada bidan atau dokter kandungan anda, atau mungkin orang tua anda yang telah berpengalaman, sebelum memakan makanan yang dianjurkan untuk wanita hamil.

Makanan yang dianjurkan untuk wanita hamil | Najla Alliya | 5