Manfaat ASI bagi bayi dan ibu

Manfaat ASI bagi bayi dan ibu. ASI merupakan makanan yang paling ideal untuk bayi. ASI berisi zat gizi yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan bayi dan anak. ASI mengandung antibodi yang dapat melindungi bayi dari berbagai penyakit pada bayi, seperti diare dan pneumonia (yaitu dua jenis penyakit yang dapat menyebabkan kematian pada bayi).

Manfaat ASI bagi ibu

Tidak hanya bagi anak, pemberian ASI juga bermanfaat bagi ibu. Manfaat pemberian ASI kepada bayi bagi ibu diantaranya, dapat mengurangi risiko kanker payudara dan ovarium pada ibu.

Manfaat ASI bagi bayi dan ibu
Selain, pemberian ASI juga bermanfaat dalam membantu ibu untuk kembali ke berat badan pra-kehamilan secara lebih cepat, dan bisa menurunkan angka obesitas pada ibu.

Pemberian ASI juga bermanfaat sebagai kontrol kehamilan jika dilakukan secara eksklusif (perlindungan kehamilan 98% dalam 6 bulan pertama setelah kelahiran bayi)

Manfaat jangka panjang ASI bagi anak

Bagi bayi dan anak, sudah bukan rahasia lagi, ASI memiliki segunung manfaat, terutama bagi kesehatan kelak setelah si anak menjadi dewasa. Artinya, pemberian ASI berperan kepada kesehatan anak sepanjang hidupnya.

Orang dewasa yang diberikan ASI pada saat bayi seringkali memiliki tekanan darah dan kadar kolesterol darah yang lebih rendah, selain itu juga mempunyai tingkat overweight, obesitas dan diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Bahkan fakta membuktikan bahwa anak yang mendapatkan ASI akan mempunyai performa lebih tinggi pada tes kecerdasan.