Manfaat Cengkeh untuk Obat

Advertisement
Manfaat Cengkeh untuk Obat. Di Eropa dan Asia, Cengkeh banyak dimanfaatkan untuk bumbu baik utuh ataupun dalam bentuk bubuk. Bahkan di Indonesia, cengkeh biasa dipakai sebagai bahan rokok kretek. Sedangkan di Jepang dan Cina, cengkeh dimanfaatkan sebagai bahan pewangi dupa.

Daun cengkih kering bisa digunakan untuk pestisida alami yang efektif dalam mengendalikan penyakit busuk batang Fusarium. Cara ini dilakukan dengan menumbuk halus daun cengkeh kering dan memberikan 50-100 gram per tanaman.

Manfaat Cengkeh untuk Obat

Minyak cengkeh adalah salah satu minyak atsiri yang cukup banyak dihasilkan di Indonesia. Cara menghasilkan minyak cengkeh yaitu dengan cara penyulingan air dan uap.

Minyak cengkeh, dalam perdagangan internasional dan berdasarkan sumbernya, dibagi menjadi tiga bagian yakni minyak daun cengkih (clove leaf oil), minyak tangkai cengkih (clove stem oil), minyak bunga cengkih (clove bud oil).

Minyak cengkeh memiliki warna yang bening hingga kekuning-kuningan, dan rasanya pedas, keras, serta tentu saja beraroma cengkeh. Warna minyak cengkeh akan berubah menjadi coklat atau ungu jika disimpan dalam waktu cukup lama atau kontak dengan besi.

Minyak cengkeh ini memiliki fungsi antimikrobial dan anestetik. Sehingga minyak cengkeh sering dimanfaatkan untuk menghilangkan sakit gigi dan bau nafas.

Kandungan Zat dalam Minyak Cengkeh

Eugenol, yaitu zat yang dimiliki cengkeh biasa dimanfaatkan dokter gigi untuk menenangkan saraf gigi. Selain eugenol, kandungan yang terdapat dalam minyak cengkeh yaitu senyawa asetil eugenol, beta-karyofilen dan vanilin, tanin, asam galotanat, metil salisilat (suatu zat penghilang nyeri), asam krategolat, beragam senyawa flavonoid (yaitu eugenin, kaemferol, rhamnetin, dan eugenitin), berbagai senyawa triterpenoid (yaitu asam oleanolat, stigmasterol, dan kampesterol), serta berbagai senyawa seskuiterpen.

Manfaat Cengkeh Untuk Obat

Sifat cengkeh dapat meningkatkan produksi asam lambung, serta mampu membuat giat gerakan peristaltik saluran pencernaan. Manfaat Cengkeh untuk obat diantaranta dapat digunakan sebagai obat cacing alami. Selain itu cengkeh dapat digunakan untuk mengatasi muntah karena lambung dingin, mual, perut mulas sewaktu haid, sakit perut, penghangat badan, batuk, sakit di dada dan perut, masuk angin, rematik, dan pegal linu.

Manfaat Cengkeh untuk Obat | Najla Alliya | 5