Manfaat Sarapan Pagi Bagi Anak Sekolah

Advertisement
Manfaat Sarapan Pagi bagi Anak sekolah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa anak sekolahan yang suka sarapan di pagi hari akan lebih memiliki daya konsentrasi di kelas, mendapat nilai tinggi untuk matematika, jarang bolos karena sakit, dan lebih sedikit mengalami masalah perilaku atau emosi.

Bahkan menurut penelitian dari AAP 2008 remaja yang suka teratur sarapan pagi ternyata mempunyai BMI yang lebih rendah atau lebih langsing daripada remaja yang jarang sarapan pagi.

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Anak Sekolah

Anak yang tidak suka sarapan pagi, setelah pulang dari sekolah akan makan lebih banyak, sehingga dapat menyebabkan overeating.

Sarapan pagi merupakan kesempatan untuk orang tua memberikan serat kepada anaknya dalam bentuk sereal. Sebagaimana kita tahu, serat bisa membantu dalam menurunkan berat badan melalui cara menurunkan kolesterol.

Konsumsi vitamin D dapat meningkatkan penyerapan kalsium tulang pada anak. Kita tahu bahwa  pada anak dan remaja terdapat puncak pertumbuhan tulang. Dan bahkan menurut penelitian AAP, vitamin D memiliki khasiat untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh, autoimun, mencegah penyakit infeksi, diabetes dan kanker. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin D 200 IU - 400 IU sehari. Dan sumber vitamin D bisa diperoleh melalui sarapan pagi dengan mengkonsumsi susu, yoghurt, dan sereal.

So, hari gini kian meningkat angka obesitas (kegemukan) pada anak dan remaja, maka akan begitu penting sepertinya bagi para orang tua yang bijaksana untuk selalu mendorong anak sarapan pagi setiap hari.
Advertisement
Manfaat Sarapan Pagi Bagi Anak Sekolah | Najla Alliya | 5