Mengapa susu formula harus dihindari?

Pemberian susu formula bagi bayi yang baru lahir tidaklah baik. Pada susu formula tidak mengandung antibodi seperti yang terkandung pada ASI. Bahkan, jila susu formula tidak dipersiapkan dengan baik, terdapat kemungkinan risiko dari penggunaan air yang tidak aman serta perlengkapan untuk membuat susu formula yang tidak steril, bahkan dapat terjadi kemungkinan adanya bakteri pada susu formula.

Dan dikhawatirkan pemberian susu formula yang diberikan pada bayi secara berkelanjutan, hal ini akan sulit untuk memberikan ASI kembali kepada bayi sebab produksi ASI bisa berkurang bahkan terhenti.

susu formula bayi

Dengan demikian, mengingat pentingnya juga manfaat pemberian air susu ibu kepada bayi, dan selain bermanfaat untuk bayi, pemberian ASI juga memberikan banyak manfaat kepada ibu (baca manfaat ASI bagi bayi dan ibu), pemberian ASI eksklusif menjadi begitu penting.

Namun perlu diingat bahwa semua ini tidak boleh dibebankan hanya kepada ibu saja. Sangat diperlukan dukungan dari semua pihak, selain dari lingkungan rumah yakni keluarga, dibutuhkan dukungan dari lingkungan kerja, bahkan fasilitas kesehatan seperti dari rumah sakit atau rumah bersalin.

Hal itu untuk memastikan bahwa ibu dapat diberikan perlindungan agar bisa menyusui dengan baik, serta yang pasti untuk lepas dari pengaruh beralihnya ke susu formula yang tidak aman.