Obat batuk pengencer dahak

Advertisement
Obat batuk pengencer dahak. Orang dewasa ataupun anak-anak pasti pernah menglami commond cold atau sakit batuk. Sakit ini disertai dengan tanda berupa batuk, bersin-bersin, sakit tenggorokan, pilek, bahkan terkadang disertai dengan demam. Penyebab commond cold ini biasanya disebabkan oleh perubahan musim atau adanya peradangan.

Antibiotik biasanya merupakan terapi pertama yang bertujuan untuk mencari dan mengobati penyebabnya, misalnya saja antibiotika terhadap infeksi bakterial dari saluran pernapasan (bronchitis). Lalu, baru bis dipertimbangkan apakah perlu diberikan terapi simtomatis untuk meniadakan atau meringankan gejala-gejala batuk Juga mesti dilihat jenis obat apa yang digunakan.

Jenis batuk ada dua macam, yaitu batuk produktif dan batuk non produktif. Batuk prooduktif yanitu batuk yang disertai dengan mengeluarkan dahak, sedangkan batuk non produktif yaitu batuk yang tidak disertai dengan pengeluaran dahak atau disebut juga batuk kering.

Tidak enak kalo batuk, mau batuk kering ataupun batuk berdahak, sama saja tidak enaknya. Tidak bisa tidur, suara yang berisik, tenggorokan juga gatal-gatal dancapek. Apabila anda mengalami batuk berdahak bisa dicoba diobati dengan cara berikut:

a. Minum air yang banyak. Hiru uap air mendidih untuk memperbanyak sekret yang diproduksi di tenggorokan. Uap air ini boleh ditambah dengan menthol atau bahan minyak lainnya yang bisa berfungsi untuk melegakan tenggorokan.

b. Minum obat ekspektoran. ekspektoran ini artinya memperbanyak produksi dahak yang encer dan dengan begitu dapat mengurangi kekentalannya, hal ini bisa mempermudah saat anda megeluarkan dahak. Obatnya OBH berbagai merek, karena didalmnya ada isi Radix Ipeca, GG, ammoniumklorida.

C. Minum obat Mukolitik yang fungsinya untuk memperlancar mucosa. Obatnya seperti bromheksin, Ambroksol, asetilsistein.

Ingat batuk berdahak/produktif dapat diobati dengan uap air, mimum banyak air, ekspektoran, mukolitik (bromheksin, ambroxol).

Orang lebih sering mengalami batuk berdahak. Obat untuk mengatasi batuk ini banyak banget. Jika anda membeli obat batuk, disarankan untuk melihat komposisinya terlebih dhulu.

Obat batuk pengencer dahak | Najla Alliya | 5