Penyebab sakit gigi

Sakit gigi bisa terjadi secara tiba-tiba dan begitu saja. Lubang pada gigi biasanya menjadi tersangka utama penyebab sakit gigi. Namun sebenarnya penyebab sakit gigi tidak hanya akibat adanya gigi berlubang, bisa disebabkan oleh hal lain, misalnya gigi longgar, erosi gusi, atau infeksi kanal akar gigi.

Berikut ini sedikit ulasan beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit gigi.

Penyebab sakit gigi

1. Karies Gigi

Karies yaitu kerusakan gigi di beberapa bagian gigi, mislnya di enamel (zat di mahkota gigi), dentin (zat di tengah antara mahkota dan akar), dan sementum (zat di akar gigi).Hal ini diakibatkan oleh bakteri tertentu yang memproduksi asam laktat dari hasil fermentasi karbohidrat seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Sehingga dapat menyebabkan gigi berlubang.

Gigi mengalami proses demineralisasi dan remineralisasi. Hal ini dapat mengarah ke gigi berlubang.

2. Gigi longgar

Gigi longgar juga bisa menyebabkan sakit gigi terutama saat mengunyah makanan. Penyebab gigi longgar biasanya adalah penyakit pada gusi (gingivitis, periodontitis). Selain itu gigi longgar dapat juga diakibatkan oleh kecelakaan atau benturan. Untuk mengatasi gigi longgar, harus dihilangkan penyebab penyakit pada gusi dengan cara pembersihan gigi (scaling) dan pengobatan. Hal ini dilakukan oleh dokter gigi.

3. Erosi gusi

Erosi gusi dapat terjadi karena penyakit gusi atau bisa juga akibat menyikat gigi terlalu keras. Gusi akan dapat menjadi sensitif terhadap makanan/minuman panas, dingin dan asam.

Erosi gusi berlangsung bertahap dalam waktu lama sehingga lebih umum pada mereka yang berusia di atas 40 tahun. Penderitanya tidak memperhatikan atau menganggap serius sampai menjadi masalah. Bila penyebab erosi adalah terlalu keras menyikat gigi, Anda harus mengganti sikat dengan yang lebih halus dan mengurangi tekanan.

4. Infeksi kanal akar gigi

Infeksi kanal akar gigi sangat berbahaya. Baca juga, sakit gigi dapat berujung kematian. Terinfeksinya kanal akar gigi dapat sangat menyakitkan dan menimbulkan rasa nyeri yang menyebar ke daerah lain di wajah dan tengkorak. Gigi mati dapat diakibatkan oleh infeksi kanal akar, dan tentunya gigi mati harus dicabut.

0 Response to "Penyebab sakit gigi"

Poskan Komentar