Tanaman penurun tekanan darah

Advertisement
Tanaman penurun tekanan darah. Berikut ini tanaman yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. Sebenarnya banyak jenis tanaman herbal yang berfungsi sebagai penurun tekanan darah, namun kali ini saya akan membahas tanaman rempah seledri.

Manfaat seledri, selain berkhasiat untuk mengatasi asam urat dan rematik, ternyata memiliki khasiat lainnya yaitu dalam hal menurunkan tekanan darah.

Berikut ini beberapa macam khasiat dan manfaat seldri, terutama sebagai tanaman penurun tekanan darah.

Tekanan darah tinggi: Haluskan satu genggam daun seledri, lalu tambahkan satu gelas air hangat. Aduk sampai merata dan kemudian disaring. Minumlah air saringan daun seledri ini dua kali sehari sampai sembuh.

Ada ramuan lain dari daun seledri yang juga bermanfaat mengatasi tekanan darah tinggi, yaitu menggunakan 50-100 gram seledri dan 500 gram labu bligo. Seledri dan labu bligo dijus, kemudian berikan pada penderita dua kali sehari setiap hari sampai tekanan darah turun.

Anda juga dapat menggunakan ramuan yang terdiri dari 50 gram seledri dan 100 gram lobak yang dijus atau menggunakan campuran seledri dan mentimun yang sebelumnya dijus secara terpisah.

Manfaat lain seledri yaitu dapat mengatasi rematik, campak, melancarkan peedaran darah, etc.

Reumatik: Ambil satu tangkai daun seledri segar. Langsung dimakan sebagai lalapan setiap kali makan.

Campak: 50 gram seledri, 60 gram wortel, 50 gram tebu dan 60 gram water chestnut. Tebu dibuang kulitnya dan semua bahan dicuci bersih, lalu dijus. Penderita cukup minum jus ini satu hari sekali.

Melancarkan peredaran darah: 100 gram seledri dan 100 gram wortel dijus. Berikan jus ini pada penderita sampai peredaran darah terasa lancar.

Sementara itu sebagai obat luar, seledri merupakan bahan penyubur rambut dan penyegar yang bagus untuk menjadikan kulit muka berminyak menjadi lebih kering dan normal dan menghilangkan iritasi di wajah.

Untuk mendapatkan penyegar dari seledri ini sangat mudah. Cucilah segenggam daun seledri, kemudian masukkan ke dalam wadah dan tuangi air mendidih. Biarkan selama seperempat jam sampai tercium harum seledri. Simpan di dalam lemari es sampai akan digunakan.

Cara menggunakannya, bersihkan wajah Anda, lalu oleskan merata ke seluruh muka dengan penyegar seledri dan biarkan sebentar baru wajah Anda dibersihkan dengan air bersih.

Bagi mereka yang di dalam air seninya mengandung zat putih telur, sebaiknya jangan mengonsumsi seledri karena akan memperburuk kondisi kesehatan Anda.
http://www.pikiran-rakyat.com/node/143205

Tanaman penurun tekanan darah | Najla Alliya | 5