4 Jenis Buah Naga

4 Jenis Buah Naga. Terdapat 4 jenis buah naga. Ini mungkin menjadi jawaban dari pertanyaan anda, "ada berapa jenis buah naga", ya? Berikut ini macam-macam jenis buah naga yang perlu anda ketahui.Jenis tanaman buah naga berikut ini didasarkan kepada daging buah, kulit dan bobotnya. Juga tingkat kemanisan buah naga.

4 Jenis Buah Naga

Buah naga daging putih (hylocereus undatus)
Walaupun jenis buah naga ini berdaging putih, namun memiliki kulit berwarna merah, amat kontras dengan daging putih yang terdapat di dalamnya. Di dalam daging buah naga bertebaran biji hitam. Jenis buah naga daging putih ini sangat mudah dijumpai di pasar lokal atau mancanegara. Bobot rata-rata per buahnya bisa mencapai 400-500 gram, bahkan ada juga yang bisa mencapai hingga 650 gram.

Buah jenis ini memliki rasa yang manis masam segar, memiliki sisik seperti jumbai berwarna kehijauan di sisi luar. Buah naga jenis ini memiliki kadar kemanisan yang tergolong rendah jika dibanding dengan buah naga jenis lainnya. Tanaman buah naga jenis ini sangat cocok ditanam di lahan kering, dan dalam sekali tanam usianya bisa bertahan sampai 20 tahun.

Buah naga daging merah (hylocereus polyrhizus)
Tanaman buah naga jenis ini dapat lebih kekar. Di bagian batang dan cabang, jarak antar duri terlihat lebih rapat. Buahnya memiliki bobot rata-rata 400-500 gram. Dagingnya berwarna merah keunguan. Kadar kemanisan 13-15 brik.

Buah naga daging super merah (hylocereus costaricensis)
Tanaman buah naga jenis ini memiliki ciri batangnya lebih besar dan berwarna loreng saat tua. Kulit buah berwarna merah dan berjumbai. Berat buahnya sekitar 400-500 gram. Tingkat kemanisan 13-15 brik.

Buah naga kulit kuning daging putih (selenicerius megalanthus)
Penampilan jenis buah naga kulit kuning ini khas dengan kulit berwarna kuning dan tanpa sisik atau jumbai. Tekstur kulitnya berbeda dengan jenis buah naga lainnya, yaitu cenderung halus, seperti apel, sehingga dijuluki kaktus apel. Kadar kemanisan 15-18 brik. Bobot buah lebih ringan dari jenis buah naga lainnya, yaitu rata-rata 80-100 gram.

Buah naga saat ini dibudidayakan mengingat banyak permintaan pasar. Hal ini karena manfaat buah naga yang seabrek, yang selain untuk kesehatan juga manfaat buah naga untuk kecantikan begitu sangat dibutuhkan.

Untuk menanam buah naga, terlebih dahulu harus dipersiapkan tiang panjang buah naga sebagai penopang karena tumbuhan ini tidak memiliki batang utama yang kokoh. Anda bisa menggunakan tiang dari beton atau  kayu yang berukuran 10 x 10 cm dan tingginya sekitar 2 meter. Tiang ini ditancapkan ke tanah sedalam 50 cm. Dan ujung atas tiang penyangga diberi besi berbentuk lingkaran. Besi bentuk lingkaran ini berguna sebagai penopang dari cabang tanaman buah naga. Baca juga budidaya buah naga.

0 Response to "4 Jenis Buah Naga"

Poskan Komentar