Cara alami menyembuhkan demam anak

Advertisement
Cara alami menyembuhkan demam anak - Demam pada anak berdasarkan penyebabnya dibedakan menjadi tiga, demam karena infeksi, demam non infeksi, dan demam fisiologis.

Penyebabnya demam karena infeksi bisa beragam, yaitu bisa karena infeksi virus (seperti flu, cacar, campak, SARS, flu burung, demam berdarah, dan lain-lain) dan bakteri (tifus, radang tenggorokan, dan lain-lain). Demam karena infeksi suhunya bisa mencapai lebih dari 38°C.

Cara alami menyembuhkan demam anak

Demam yang disebabkan oleh infeksi dan noninfeksi sajalah yang memerlukan obat penurun panas. Untuk mempercepat proses penurunan panasnya, selain ramuan tradisional yang diminum, dapat juga diberikan baluran atau kompres untuk membantu menurunkan panas.

Berikut ini contoh obat herbal demam pada anak (perlu diingat, ramuan ini dosisnya untuk dewasa. Dosis untuk anak bisa dilihat pada pos paling bawah halaman ini).

Kunyit
Kunyit mempunyai kandungan minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang memiliki khasiat sebagai antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi (anti-peradangan). Selain biasa digunakan sebagai obat herbal penurun panas, campuran kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Caranya: Siapkan 10 gram rimpang kunyit, cuci hingga bersih. Kemudian parutlah rimpang kunyit itu dan tambahkan 1/2 gelas air panas, aduk sampai rata. Biarkan sampai agak dingin, lalu peras, ambil sarinya. Tambahkan pada ramuan tersebut perasan 1/2 buah jeruk nipis, dan campur dengan 2 sdm madu bunga kapuk, aduk hingga rata. Bagi menjadi 3 bagian campuran madu dan kunyit ini, kemudian berikan 3 kali sehari.

Temulawak (Curcuma xanthorhiza Roxb.)
Sejak dahulu temulawk banyak dimanfaatkan sebagai obat penurun panas, mengobati sakit kuning, merangsang nafsu makan, mag, diare, perut kembung dan pegal-pegal.

Caranya : sediaka 10 gram rimpang temulawak, cuci bersih. Parut dan tambahkan 1/2 gelas air panas, aduk rata. Setelah dingin, peras, ambil sarinya. Campur dengan 2 sdm madu bunga kapuk, aduk rata. Bagi menjadi 3 campuran madu dan temulawak, kemudian berikan 3 kali sehari.

Dosis Aman untuk Anak
Beberapa ramuan di atas diperuntukkan untuk dewasa. Berikut dosis yang tepat dan tidak akan menimbulkan efek samping dan aman, yang direkomendasikan bagi anak:

Bayi: 1/8 dosis dewasa
2­-5 tahun : 1/4 dosis dewasa
6­-9 tahun : 1/3 dosis dewasa
10-13 tahun :1/2 dosis dewasa
14-16 tahun :3/4 dosis dewasa

Baca juga, mengobati demam pada anak dengan wortel.

Sumber: kompas.com

Cara alami menyembuhkan demam anak | Najla Alliya | 5