Daya ingat menurun - ketahui penyebabnya

Daya ingat menurun - Menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan pada american academy of neurology meeting pada bulan april 2011 di amerika serikat, orang yang memempunyai permasalahan dengan ingatan atau penurunan dalam kekuatan mental lainnya menghadapi efek kemungkinan terkena stroke.

Jika anda mempunyai rutinitas lupa, sebaiknya tidak disepelekan. ketahui apa penyebab anda gampang lupa melalui delapan tanda tersebut ini :

1. kadar gula darah tinggi
penyimpanan memori dapat terganggu akibat tingginya gula darah anda. awas, kondisi ini dapat menggangu bagian otak yang berhubungan dengan memori. bila me mempunyai riwayat keluarga penderita penyakit kencing manis, baiknya kendalikan asupan gula anda. lakukan pula tes gula darah dengan cara rutin.
dan, tidak lupa melindungi pola makan sehat serta tetap aktif. jalur kaki yakni salah satu alternatif efektif men menghindar diabetes.

2. kurang istirahat
otak mengandalkan aktivitas tidur untuk menaruh memori baru. dalam sesuatu penelitian, responden yang tidur enam jam setiap malam selama dua minggu barangkali tak ada jadi kurang tidur. tetapi, sesudah dikerjakan tes memori dengan cara substansial, hasilnya mereka sukar mengingat memori jangka pendek.
pertajam daya ingat anda dengan membuat prioritas istirahat yang cukup. Baca, cara meningkatkan daya ingat. bila anda tak ada dapat, coba lakukan tidur pendek selama enam menit waktu tubuh merasa lelah. cara ini dapat menambah kinerja serta menyebabkan proses memori penting dalam otak.

3. mendengkur
mendengkur tidak sebatas mengganggu kualitas tidur, namun pula dapat menurunkan daya ingat. waktu tidur mendengkur, saluran napas anda bakal terblokir, hingga memotong oksigen beberapa detik pada satu waktu serta mengakibatkan sel-sel otak ‘kelaparan’.
menurut penelitian, pria lebih sering mendengkur dibanding.ketimbang wanita. serta, faktor risiko lainnya, rutinitas ini dapat muncul sebab kelebihan berat badan atau berusia lebih dari 40 tahun.
nah, bila anda atau pasangan mempunyai rutinitas mendengkur, baiknya anda berkonsultasi pada dokter. anda barangkali butuh menggunakan perangkat spesial untuk menangani mendengkur waktu tidur supaya aliran oksigen dapat lancar menuju otak. dengan begitu, daya ingat anda dapat kembali meningkat.

4. metabolisme menurun
jika perihal ini terjadi, kemungkinan anda me mempunyai permasalahan tiroid. hormon tiroid mengontrol metabolisme tubuh. bila produksinya terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa mengganggu sel-sel otak, yang bisa memperlambat masuknya informasi ke otak. solusi : tidak ada salahnya anda memeriksakan diri ke dokter untuk menangani permasalahan ini.

5. usia lebih dari 65 tahun
di usia ini, manusia bakal lebih sukar untuk menyerap vitamin b12 dari makanan. kekurangan b12 serius bisa mengakibatkan penyakit alzheimer atau pikun. sebab itu, seiringnya bertambah usia, lakukan konsultasi dengan dokter untuk tahu cara menambah asupan b12, umpamanya dengan suplemen. tak hanya manula, penganut vegetarian pula kerapkali kekurangan vitamin b12.

6. mengalami depresi
penderita depresi berat pula mengalami gangguan pada sel-sel otak. bahkan, ketika depresi berlangsung, ada kemungkinan kondisi ini dapat membunuh sel-sel otak, hingga mengakibatkan daya ingat ‘merosot’.
solusinya, segera cari pengobatan. pasalnya, semakin banyak sel-sel otak yang ‘hilang’, daya ingat bakal semakin sukar ditingkatkan.

7. konsumsi obat alergi atau pil tidur
obat-obatan untuk menangani permasalahan layaknya insomnia, alergi, serta gangguan rencana, ternyata pula serta dapat mengakibatkan manfaat otak terganggu. selanjutnya itu, sebelum konsumsi obat ini baiknya konsultasikan dulu pada dokter supaya daya ingat anda tak ada turut terganggu.

8. terlalu banyak kosumsi obat
jika konsumsi lima atau lebih obat, anda berisiko tinggi mengalami gangguan daya ingat. sebab itu, yakinkan dokter mengetahui semua obat yang anda mengonsumsi. bila sesuatu iklan farmasi terlihat menggiurkan, tidak langsung tergoda. baiknya minimalkan mengonsumsi obat bebas atau sebatas mengonsumsi obat cocok dengan resep.

Itulah 8 penyebab yang harus anda ketahui jika daya ingat menurun.