Kandungan Daun Binahong Sangat Dahsyat

Kandungan daun binahong - Penasaran dengan kandungan daun binahong setelah menetahui manfaatnya yang seabrek, saya cari referensi sana sini, mengingat di halaman rumah saya semakin tumbuh banyak daun binahong.

Daun binahong mengandung antara lain anti mikroba. Anti mikroba pada daun binahong amat reaktif terhadap beberapa kuman penyebab infeksi pada luka bakar ataupun luka yang diakibatkan terkena benda tajam. Khasiat daun binahong yang luar biasa juga karena kandungan daun binahong yaitu asam askorbat yang mampu menambah daya tahan tubuh terhadap infeksi serta dapat mempercepat penyembuhan.

Kandungan Kimia Daun Binahong


Kandungn kimia daun binahong berikut saya kutif dari file sharing pdf di digilib.unimus.ac.id. Dikatakan bahwa kandungan daun binahong memiliki kandungan kimia sebagai berikut:

a. Flavonoid
Aktivitas farmakologi dari flavonoid adalah sebagai anti-inflamasi, analgesi, anti-oksidan (De Padua et al., 1999). Mekanisme anti-inflamasi terjadi melalui efek penghambatan pada jalur metabolisme asam arakhidona, pembentukan prostaglandin, pelepasan histamin pada radang (Loggia dkk, 1986).

Foto daun binahong
Foto daun binahong

b. Asam Oleanolik
Asam oleanolik merupakan golongan triterpenoid yang merupakan antioksidan pada tanaman (Liu J, 1995 ; Yin et al., 2007). Mekanisme perlindungan oleh asam oleanolik adalah dengan mencegah masuknya racun ke dalam sel dan meningkatkan sistem pertahanan sel. Asam oleanolik juga memiliki zat anti inflamasi. Kandungan nitrit oksida pada asam oleanolik juga menjadi anti oksidan, yang dapat berfungsi sebagai toksin yang kuat untuk membunuh bakteri (Guyton et al., 1997).

Jadi dengan adanya asam oleanolik ini akan memperkuat daya tahan sel terhadap infeksi dan memperbaiki sel sehingga sel dapat beregenerasi dengan baik. Senyawa saponin triterpenoid pada daun binahong dapat menurunkan gula darah (Soprema, 2006).

Dengan adanya penurunan kadar gula darah pada luka, maka dapat pula menurunkanterjadinya infeksi.

c. Protein
Protein dengan berat molekul yang besar akan menjadi antigen yang memacu pembentukan antibodi. Kemudian antibodi akan mengaktifkan komplemen (Nurwati, 2005). Protein tersebut juga mampu menstimulasi produksi nitrit oksida (Chuang et al., 2007). Nitrit Oksida mampu meningkatkan aliran darah yang membawa nutrisi ke tiap jaringan sel. Selain itu, nitrit oksida merangsang tubuh untuk memproduksi hormon pertumbuhan yang berguna untuk menstimulasi pertumbuhan dan reproduksi sel yang rusak (Wijaya, 2008).

d. Asam Askorbat (Vitamin C)
Asam askorbat dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, berfungsi dalam pemeliharaan membran mukosa, mempercepat penyembuhan (Almatsier, 2004) dan sebagai antioksidan, asam askorbat penting untuk mengaktifkan enzim prolil hidroksilase yang menunjang tahap hidroksilasi dalam pembentukan kolagen. Dengan adanya asam askorbat ini, maka serat kolagen yang terbentuk akan lebih kokoh dan mempercepat penyembuhan luka (Guyton et al., 1997).

Demikian semoga bermanfaat bagi yang mencari informasi tentang kandungan daun binahong.