Makanan Bayi 6 Bulan Pertama

Advertisement
Makanan bayi 6 bulan pertama pastinya harus makanan yang penting untuk pertumbuhan bayi. Makanan seperti nasi, sayuran, dan buah, adalah makanan bayi 6 bulan pertama yang mesti diberikan. Saat bayi menginjak usia 6 bulan, orang tua harus sudah mengerti bahwa dengan bertambahnya usia bayi, bertambah pula kekuatan dan kemampuan lambung si kecil dalam menyerap dan mencerna makanan.

Makanan Bayi 6 Bulan Pertama

Oleh sebab itu, bayi harus mulai diperkenalkan pada Makanan Pendamping ASI. Apa saja tanda-tanda bayi yang telah siap untuk diberikan makanan pendamping ASI. Berikut ini tandanya:
  • Bayi sudah dapat menegakkan kepala sendiri
  • Bayi sudah bisa duduk dengan baik di kursi
  • Dapat melakukan gerakan mengunyah
  • Berat badan bayi meningkat 2x berat lahir
  • Bayi terlihat tertarik pada beberapa jenis makanan
  • Sudah memiliki reflek membuka mulut bila diberi makanan
  • Bayi telah memiliki kemampuan untuk memindahkan makanan dari mulut bagian depan ke mulut bagian belakang
  • Bayi dapat menggerakkan lidah
  • Ketika bayi diberi makan, tidak mendorong makanan ke luar dengan lidah
  • Bayi masih lapar walau telah diberi 10x ASI atau 1200cc susu formula
  • Gigi bayi sudah terlihat mulai tumbuh

Nah jika, bayi Anda memiliki tanda-tanda seperti diatas, bersiaplah untuk memberikan makanan bayi 6 bulan pertama. Namun walaupun bayi mulai makan makanan pendamping, ASI harus tetap diberikan kepada bayi Anda sebagai menu utama. Dan penting juga untuk memperhatikan sebaiknya memberi makanan pada bayi jangan langsung dalam jumlah banyak, tapi harus sedikit demi sedikit sambil memperhatikan reaksi alergi yang mungkin terjadi pada bayi.

Makanan Bayi 6 Bulan Pertama

Berikut adalah jenis-jenis makanan bayi 6 bulan pertama yang harus diberikan pada bayi jika sudah menginjak usia 6 bulan.

Bubur
Makanan bayi 6 bulan pertama yang diperkenalkan kepada bayi adalah bubur susu. Hal ini karena bubur susu lebih gampang dicerna lambung. Gunakan ASI sebagai bahan utama. Jika memang tidak ada, barulah gunakan susu formula. Berikan dalam jumlah sedikit, yaitu sekitar setengah sendok, dan encer.

Buah-buahan
Beberapa macam buah yang dapat dikonsumsi bayi usia 6 bulan misalnya pepaya, alpukat, jeruk, dan pisang. Kadar serat rendah yang terkandung pada buah-buahan tersebut dapat menghindari kemungkinan terjadi sembelit. Berikan buah-buahan pada bayi 6 bulan dengan cara disaring atau dilumatkan.

Sayuran
Sama seperti pemberian bubur pada bayi, pemberian sayur juga harus encer. Dan sepertihalnya pada buah-buahan, sayuran harus diberikan dengan cara dilumatkan menyerupai bubur. Bahkan beberapa buah dan sayur memerlukan tahap pengukusan supaya lunak. Beberapa jenis sayuran yang boleh diberikan kepada bayi 6 bulan misalnya: ubi, kentang, bayam, labu parang, labu kobacha kulit hijau, dan kacang hijau.

Kaldu
Kaldu ayam baik untuk menambah rasa makanan bagibayi. Gunakan kaldu ayam atau sapi secukupnya dengn cara dicampurkan dengan bubur dan sayuran.

Baca juga, manfaat beras merah untuk bayi

Itulah beberapa jenis makanan 6 bulan pertama untuk bayi. Makanan-makanan tersebut penting untuk tahap perkembangan bayi selanjutnya. Orang tua, terutama ibu mungkin mesti sedikit bersabar untuk memberikan makanan tersebut pada bayi karena di awal mungkin saja bayi menolak atau memuntahkan makanan yang diberikan. Yang terpenting ibu di latih untuk bersabar dan tetap konsisten untuk memberikan makanan bayi 6 bulan.
Advertisement
Makanan Bayi 6 Bulan Pertama | Najla Alliya | 5