Tahap Perkembangan Bayi Usia 0-12 Bulan

Advertisement
Tahap perkembangan bayi usia 0-12 bulan pada motorik halus bayi mesti terus dipantau. Yup, post kali ini membahas tahap perkembangan bayi baru lahir hingga mencapai usia 1 tahun pada motorik halus. Kemampuan motorik halus merupakan kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot halus, seperti tangan dan jari, dengan koordinasi mata. Agar perkembangan bayi tetap stabil, maka motorik halusnya harus selalu dirangsang.

Pantauan dari orangtua dalam hal ini sangat dibutuhkan mengingat perkembangan bayi setiap bulannya akan selalu mengalami perkembangan. Secara bertahap kemampuan motorik halus bayi akan terus berkembang seiring dengan apa yang Anda ajarkan pada si kecil sejak dini terutama di usia 0-12 bulan.

Berikut ini tahap perkembangan bayi usia 0 - 12 bulan pada motorik halusnya yang disadur dari melindahospital.com:

Tahap Perkembangan Bayi Usia 1 bulan
Pada usia 1 bulan, bayi selalu mengepalkan tangannya dan sesekali membukanya.

Tahap Perkembangan Bayi Usia 2 bulan
Bayi sudah mulai bisa menggenggam sesuatu. Ketika Anda letakkan jari ke dalam tangannya, ia akan menggenggam jari Anda. Atau saat Anda meletakkan mainannya, ia akan menggenggam barang tersebut.

Tahap Perkembangan Bayi Usia 3 bulan
Tahap perkembangan bayi di usia 3 bulanan kemampuan motorik halus bayi bayi sudah mulai ada kemajuan. Bayi akan berusaha meraih sesuatu ke arah depan dan mencoba meraihnya.

Tahap Perkembangan Bayi Usia 4 bulan
Sudah mampu memegang serta menggoyangkan mainan bunyinya saat digenggam dengan sambil memainkannya. Dan mulai memperhatikan jari-jari mungilnya.

Tahap Perkembangan Bayi Usia 5 bulan
Kedua tangannya sudah mulai terbiasa untuk meraih ataupun menggenggam sesuatu.

Tahap Perkembangan Bayi Usia 6 bulan
Tangan satunya bisa memindahkan mainan ke tangan satunya. Mainan yang dipegangnya pun sudah bisa dibentur-benturkan ke suatu permukaan.

Tahap Perkembangan Bayi Usia 7-12 bulan
Tangan jari-jarinya sudah mulai digunakan untuk mengambil benda-benda kecil. Membenturkan dua benda yang dipegangnya. Jari telunjuknya sudah bisa digunakan dengan lancar untuk menunjuk ataupun menyentuh sesuatu. Selain itu, pada usia ini bayi sudah dapat memperlakukan mainannya dengan caranya sendiri misalkan, menjatuhkan, mendorong, memutar, atau menyobeknya.

Dan berikut ini foto-foto bayi mulai dari lahir sampai usia 1 tahun yang diambil dari sumber clubnutricia.co.id. Semoga dengan foto-foto bayi ini Anda mendapat gambaran umum dari perkembangan bayi.

Bayi Baru Lahir
Bayi Baru Lahir

Bayi Usia 1 Bulan
Bayi Usia 1 Bulan

Bayi Usia 2 Bulan
Bayi Usia 2 Bulan

Bayi Usia 3 Bulan
Bayi Usia 3 Bulan

Bayi Usia 4 - 6 Bulan
Bayi Usia 4 - 6 Bulan

Bayi Usia 7 - 9 Bulan
Bayi Usia 7 - 9 Bulan

Bayi Usia 10 - 11 Bulan
Bayi Usia 10 - 11 Bulan

Artikel terkait:
MANFAAT beras merah untuk bayi
MANFAAT musik untuk anak

Anda perlu terus memantau pertumbuhan si kecil dengan harus tetap memberikan stimulasi yang tepat bagi buah hati Anda. So, ikuti sesuai dengan bertambahnya usia si kecil tahap perkembangan bayi.

Tahap Perkembangan Bayi Usia 0-12 Bulan | Najla Alliya | 5