Apa itu cacar ular (hepes zooster)

Cacar ular (hepes zooster) apakah sama dengan cacar air biasa, ya? Silahkan baca juga post terkait lainnya seputar obat cacar air .

Apa itu cacar ular (hepes zooster)
Perbedaan cacar ular dan cacar air, mungkin pernyataan seorang admin dari tanyadokter.com berikut bisa memberikan sedikit gambaran. Berikut cuplikan dari diskusi tentang cacar ular, dengan sedikit editing.

Cacar ular mempunyai gejala yang khas, yaitu kelainan yang timbul hanya disatu sisi tubuh saja, artinya bila terdapat disisi kiri, maka tidak akan melewati garis tengah tubuh ke kanan.

Penyebab cacar ular adalah virus varisela-zooster. virus ini sama dengan yang menyebabkan cacar air. Namun bila pertama kali kita terkena virus ini, biasanya cacar air yang keluar, dan bila kita terinfeksi kembali , maka akan muncul sebagai cacar ular.

Hal ini tidak disebabkan oleh kekurangan vitamin, namun akan mudah terinfeksi dan lebih berat gejalanya bila daya tahan tubuh kita menurun, salah satunya saat kita kekurangan vitamin. Sama seperti cacar air, maka cacar ular juga dapat menular melalui lesi (kelainan) pada kulit seperti melenting yang pecah. Namun terutama anggota keluarga yang lain harus berada dalam kondisi tubuh yang baik untuk mencegah penularan.

Ada obat untuk cacar ular, namun efektifitasnya lebih baik bila diberikan seawal mungkin. Biasanya dokter akan memberikan antivirus (acyclovir) dan isoprinosin atau sejenis stimuno untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Cacar ular ini pada dasarnya dapat disembuhkan dengan baik, kecuali bila ada penyakit kronik (penyakit yang sudah berlangsung lama) atau yang mempengaruhi daya tahan tubuh, atau memang daya tahan tubuh sedang jelek, maka dapat terjadi komplikasinya misalnya gangguan pada mata, telinga, saraf (kesemutan atau kelemahan otot), dan nyeri saraf. Kadang bekas luka menjadi koreng yang sulit disembuhkan.

Jadi sebaiknya, Bila anda sudah mendapatkan pengobatan dari dokter anda, yang dapat anda lakukan sekarang adalah meningkatkan daya tahan tubuh anda dan banyak istirahat.
[sumber]

Demikian semoga post ini dapat memberikan jawaban terhadap rasa penasaran anda dengan penyakit cacar ular