Benarkah Vitamin C Dapat Mengurangi Kadar Asam Urat?

Beberapa bukti menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Dalam sebuah penelitian terhadap 184 orang, yang sebagian diberikan suplemen vitamin C (500 miligram per hari), dan sebagian kelompok lagi memakai plasebo.

Setelah dua bulan, kadar asam urat secara signifikan berkurang pada orang yang memakai vitamin C tapi tidak dalam orang yang memakai plasebo. Meskipun studi ini menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mencegah atau mengobati asam urat, diperlukan penelitian lebih lanjut sebelum kita dapat menyimpulkan ini.

Orang yang memiliki penyakit ginjal harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan suplemen vitamin C. Vitamin C dapat meningkatkan penyerapan beberapa jenis besi dari makanan, sehingga orang dengan hemochromatosis tidak harus mengkonsumsi suplemen vitamin C.

Vitamin C dalam dosis lebih dari 2.000 miligram per hari dapat menyebabkan diare, gas, gangguan pencernaan, dan dapat mengganggu penyerapan vitamin B12.

Benarkah Vitamin C Dapat Mengurangi Kadar Asam Urat

Suplemen vitamin C dapat meningkatkan kadar darah aspirin dan acetaminophen. Vitamin C juga dapat meningkatkan efek furosemid (diklasifikasikan sebagai diuretik loop) dan antibiotik tetrasiklin.

Jika vitamin c dikonsumsi bersama obat-obatan lainnya, vitamin C dapat menurunkan penyerapan obat propranolol, untuk tekanan darah tinggi dan jantung. Bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum menggabungkan semua obat-obat dengan suplemen vitamin C.