Penyebab bau mulut dan cara mengatasinya

Advertisement
Penyebab bau mulut dan cara mengatasinya - banyak sebab dan banyak juga cara untuk mengatasi bau mulut tak sedap. beberapa post sudah pernah saya bahas di bog ini.

Dan berikut ini penyebab bau mulut yang harus anda ketahui, seperti yang diceritakan kompas.com diantaranya:

1. Bakteri
mulut adalah salah satu tempat yang disukai bakteri. mikroorganisme ini bersembunyi diantara gigi dan permukaan lidah. waktu bakteri-bakteri itu berkembang biak dan menumpuk mereka akan mengeluarkan racun dan bau yang kurang enak.

2. Tonsil
lubang dibagian didalam tonsil ( amandel ) disebut crypts, adalah salah satu biang keladi halitosis. pada bulatan-bulatan jaringan limfe di tonsil yang membengkak kerap terselip sisa makanan dan kuman hingga menyebabkan bau tidak enak.

3. Makanan beraroma tajam
makanan layaknya bawang putih, durian, atau ikan, juga mengakibatkan bau mulut, apalagi walau kita telah menyikat gigi.

4. Kebiasaan buruk
jauhi rutinitas buruk, layaknya merokok atau minum kopi bila anda pingin napas senantiasa segar.

5. Gangguan perut
kadang waktu gangguan di perut atau usus dapat mengakibatkan bau mulut, terlebih waktu bersendawa. diet rendah karbohidrat juga mengakibatkan ketosis, pembakar lemak di tubuh yang mengakibatkan bau naga.

6. Penyakit
bau mulut juga dapat jadi pertanda adanya penyakit layaknya infeksi saluran napas, infeksi sinus kritis, diabetes, gangguan ginjal, lever, dan asam refluks kritis.

Penyebab bau mulut dan cara mengatasinya

7. Mulut kering
kurang minum air dan mulut yang kering juga adalah kontributor penyebab problem bau mulut. sebab itulah, saat bangun tidur di pagi hari bau mulut kita kurang enak. bau ini umumnya hilang sesudah kita sikat gigi dan minum air.

Setelah mengethui beberapa penyebab bau mulut, selanjutnya mari kita ikuti bagaimana cara mengatasi bau mulut?

1. Janganlah biarkan lidah anda layaknya karpet kotor

bau mulut kerapkali menyerang saat orang tidak melindungi kebersihan dan kesehatan mulut. aroma tidak enak umumnya timbul disebabkan pembusukan remah atau sisa-sisa makanan yang terjebak didalam gigi anda. itulah sebabnya mengapa menyikat gigi dan flossing dengan teratur amat penting untuk kesehatan gigi dan mulut.

namun ada yang tidak bisa dilupakan yaitu menyikat lidah buat membersihkan bakteri. lidah adalah organ yang dengan mikroskopik layaknya halnya sesuatu karpet. ada jutaan filamen didalam lidah yang bisa membuat partikel, bakteri dan sisa-sisa makanan terjebak. membersihkan lidah dengan teratut memakai sikat, sendok atau pembersih spesial lidah, bakteri penyebab nafas busuk didalam mulut akan berkurang.

Baca juga, cara menghilangkan bau mulut tak sedap

memakai penyegar mulut atau mouthwash juga bukan hanya inspirasi yang buruk, namun langkah ini sebatas berbentuk sedang. pilih penyegar mulut kelihatannya lebih praktis sebelum saat anda makan malam dengan sang kekasih. namun usaha ini hanya menyamarkan aroma bau mulut saja, tanpa menangani problem anda yang sesungguhnya.

2. senantiasa kunyah permen karet.

mengakui atau tidak, saliva atau air liur adalah senjata sangat ampuh buat membasmi nafas tidak enak. itulah sebabnya saat mulut anda kering, yang kerapkali dikarenakan mengonsumsi obat atau penyakit, akan mengakibatkan problem bau mulut.

tak hanya bisa membersihkan mulut dari partikel makanan dan bakteri, air ludah juga bisa mengikis aroma nafas tidak enak. bila anda ajukan pertanyaan kenapa mulut senantiasa bau saat bangun tidur, perihal ini terjadi sebab produksi alir liur menurun saat tidur, hingga buat partikel dan aroma tidak enak bertahan dan melekat didalam mulut. |

itulah sebabnya permen karet tanpa gula amat bermanfaat, sebab mengunyahnya akan merangsang produksi air liur. tentukan permen karet dengan pemanis xylitol sebab pemanis ini tidak sebatas bisa meningkatkan produksi air liur, namun bekerja menghindar pertumbuhab bakteri didalam mulut

3. pakai kayu manis.

Riset teranyar menunjukkan bahwa kayu manis bisa mengatasi problem bau mulut. Kayu manis tidak sebatas menyamarkan aroma yang tidak enak. rempah alami ini juga mengandung zat yang tampaknya bisa menurunkan konsentrasi bakteri didalam mulut. oleh sebab itu, hindarilah permen karet yang mengandung gula sebab justru akan mengakibatkan kerusakan gigi, namun tentukan permen karet tanpa gula dengan aroma kayu manis.

4. minum air semakin banyak.

Para pakar mengindikasikan, makin tua usia seseorang akan makin rentan alami dehidrasi. anda barangkali tidak sempat sadar bila anda kehausan dan tubuh membutuhkan semakin banyak cairan. lantas dari itu, biasakanlah minum dengan teratur sebab meminum air akan menekan pertumbuhan bakteri didalam mulut. tak hanya itu, minum air dengan teratur juga buat anda lebih segar dan sehat.

5. atasi penyebab berikutnya.

Walau umumnya bau mulut bisa diatasi dengan langkah gampang dan pola hidup yang higienis, ada kalanya bau mulut juga dikarenakan problem gigi atau penyakit lain yang amat jarang. datanglah ke dokter gigi bila bau busuk didalam mulut anda menetap dan tidak kunjung hilang.

dokter akan memeriksa kemungkinan terjadinya gigi berlubang, gigi busuk, atau apalagi problem gusi yang mengakibatkan mulut jadi tidak enak. bila bau mulut anda penyebabnya tidak jelas, ini bisa menjadi sinyal atau pertanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius.

kasus yang jarang ini, dapat jadi adalah indikasi adanya infeksi, gagal ginjal atau liver. oleh karena itu, anda mesti memeriksakan ke dokter pakar bila dokter gigi tidak bisa menemukan dengan tentu penyebab bau mulut anda.

6. pakai water pick.

Anda tidak dapat membersihkan dengan sempurna seluruh mulut dengan sebatas memercayakan sikat gigi. memakai sejenis alat penyemprot spesial gigi yang disebut water pick, anda bsia memberihkan semua bagian mulut, gusi dan sela-sela diantara gigi anda. bila sisa-sisa makanan menempel diantara gigi dan sikat tidak dapat mencapainya, makanan itu akan membusuk dan baru akan tersapu bila anda lakukan flossing. dengan alat ini, anda tidak butuh menunggu sampai makanan membusuk.

Itulah beberapa penyebab bau mulut dan cara mengatasinya.
Advertisement
Penyebab bau mulut dan cara mengatasinya | Najla Alliya | 5