Tanda-tanda bayi siap untuk makanan padat

Bayi Anda Siap untuk Makanan Padat? Berikut tanda-tanda tentang Kesiapan bayi anda untuk Makanan Padat

Ada banyak tanda yang mungkin membuat Anda percaya bahwa si kecil sudah siap untuk mulai makan makanan padat. Tapi bagaimana tepatnya Anda tahu apakah bayi Anda benar-benar siap untuk makanan padat? Apakah bayi Anda dua kali lipat berat lahir dia? Apakah bayi Anda memiliki kendali kepala yang baik?

Bayi Anda mungkin berusia 3 atau 4 bulan ketika Anda mulai merasa dia mungkin perlu "sesuatu yang lebih" daripada sekedar formula atau ASI. Mungkin dia mulai terbangun lebih sering pada malam hari atau makan lebih sering daripada "biasa" dan anda ingin tahu apakah mungkin untuk mulai memberikan makanan padat yang dia butuhkan.

Saran terbaik saat mempertimbangkan untuk mulai memberikan makanan padat kepada bayi Anda adalah "Bayi itu sendiri- Bukan Kalender". Hal ini berlaku saat Anda memberikn ASI dan susu formula bayi. Ikutilah isyarat lapar bayi Anda, dan Anda tidak akan salah.

Perlu diingat bahwa lonjakan pertumbuhan akan terjadi antara usia 3-4 bulan. Bayi Anda mungkin mulai bangun lebih sering di malam hari untuk makan atau mungkin mulai makan tanpa henti sebagaimana dia pernah melakukannya seperti bayi yang baru lahir.

Pertumbuhan pesat seringkali menyumbang rasa lapar yang meningkat pada bayi Anda. Namun begitu, tidak mesti diambil sebagai tanda bahwa bayi anda mulai membutuhkan makanan padat yang harus ditambahkan ke menu makanannya.

Anda dapat mencoba menawarkan bayi dengan cara menyusui lebih sering, atau memberikan susu boto.

Berikut adalah beberapa "tanda" yang dapat mengindikasikan bahwa bayi Anda siap untuk Makanan Padat:

Kehilangan refleks dorongan lidah - hal ini memungkinkan bayi untuk minum dan menelan cairan dengan mudah, dengan refleks dorongan lidah masih ada, bayi mungkin hanya minum di purees cair atau mendorong makanan keluar. Menurut Dr Jim Sears, dalam empat bulan pertama refleks dorong lidah melindungi bayi terhadap tersedak. Ketika zat yang tidak biasa ditempatkan di lidah, maka secara otomatis menjorok ke luar daripada kembali. Antara empat dan enam bulan refleks ini secara bertahap akan berkurang.

Tanda-tanda bayi siap untuk makanan padat

Bayi cenderung membiarkan Anda tahu dia penuh dari "makan" dengan tanda-tanda seperti berpaling dari botol atau payudara. Hal ini penting agar bayi yang mampu mengatur diri jumlah makanan yang dimakan. Hal ini membantu menghentikan bayi dari sengaja makan berlebihan sebagai orang tua dapat terus memberi makan bayi yang berpikir bahwa dia masih lapar.

Bayi dapat duduk dan memegang kepala tanpa bantuan. Saya cenderung tidak setuju dengan yang satu ini seperti ketika bayi mencapai usia 4-6 bulan, ia tertarik dalam menempatkan segala sesuatu di mulutnya.

Berat lahir bayi yang bertambah dua kali lipat

Sering terbangun di tengah malam. Ini mungkin bukan indikator terbaik bahwa bayi Anda siap untuk makanan padat. Perlu diingat bahwa lonjakan pertumbuhan akan terjadi antara 3-4 bulan usia, 6-7 bulan dan juga 9-10 bulan. Bayi Anda mungkin juga terbangun karena sakit atau tumbuh gigi.

Baca juga, apa itu makanan bayi tahap pertama?

Itulah beberapa tanda bayi anda untuk siap dengan makanan padat. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tanda-tanda bayi siap untuk makanan padat"

Poskan Komentar