Kunyit dapat Cegah Pikun

Kunyit dapat mencegah penyakit pikun (Alzheimer). Pikun merupakan sejenis penyakit yang umum terjadi pada manusia yang mulai memasuki usia tua (manula). Pikun, secara alamiah, dapat terjadi pada setiap orang karena kondisi fisik otak menurun. Namun pikunpun dapat diperlambat datangnya dengan menggunakan kunyit dalam bentuk bumbu kare. Baca juga, pikun akibat sering bangun kesiangan.

Kunyit dapat  Cegah Pikun

Hal ini mungkin akan membuat kita penasaran dan ingin tahu. Ternyata rahasianya terletak pada zat pewarna kuning (kurkumin) yang terdapat di dalam rimpang kunyit yang digunakan dalam membuat bumbu kare tersebut. Kurkumin pada kunyit memiliki fungsi yang sangat penting dalam mengobati berbagai jenis penyakit karena senyawa tersebut dapat berfungsi sebagai anti tumor promoter, antioksidan, anti mikroba, anti radang dan anti virus. Selain itu kurkumin pada kunyit ternyata juga berperan dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Dengan teratur mengonsumsi bumbu kare, akan dapat menurunkan efek serangan penyakit alzheimer yang dapat mengakibatkan pikun total lantaran keadaan fisik otak yang terus menurun.

Namun demikian, janganlah salah, pada pemakaian yang berlebihan lalu untuk orang lansia bisa menyebabkan dampak sakit perut, masalah hati atau ginjal. Dari hasil rangkuman beberapa peneliti yang dilaporkan didalam american journal of epidemiologi edisi 1 november 2006, menyebutkan bahwa bumbu kari amat punya potensi menghindar alzheimer lantaran dipandang dari kemanjurannya serta tidak beracun. Hasil penelitian ini adalah bukti pertama yang tunjukkan jalinan pada mengonsumsi kare dengan kekuatan kognitif otak.