Manfaat ikan salmon untuk kesehatan

Advertisement
Manfaat ikan salmon untuk kesehatan - Reputasi salmon sebagai makanan sehat sebagian besar didasarkan pada kandungan asam lemak omega-3. Salmon juga kaya akan sifat-sifat lainnya, seperti vitamin D dan selenium, yang masing-masing memiliki manfaat untuk kesehatan.

Penelitian terhadap kandungan protein asam amino pada ikan ini telah menemukan bahwa salmon juga mengandung molekul protein kecil bioaktif (disebut peptida bioaktif) yang dapat memberikan perlindungan bagi tulang rawan sendi, dukungan dengan efektivitas insulin, dan kontrol peradangan pada saluran pencernaan.

Berikut 6 manfaat ikan salmon untuk :

Peradangan
Penelitian tentang asupan ikan salmon menunjukkan bahwa asam omega-3 lemak yang ditemukan dalam ikan salmon dapat dikonversi oleh tubuh menjadi tiga jenis senyawa yang mencegah peradangan kronis. Apa yang terutama menarik adalah bahwa hal itu menggabungkan anti-inflamasi manfaat dengan anti-inflamasi bantuan terkait untuk tidak gemuk tetapi untuk protein.

Fungsi Kognitif
Banyak penelitian telah membuktikan docosahexaenoic acid (DHA) menjadi lemak yang paling penting yang ditemukan dalam otak, dan isi substansial dari asam lemak omega-3 dalam ikan salmon menjelaskan manfaat dari asupan salmon untuk berpikir dan penurunan risiko tertentu yang berhubungan dengan masalah otak.

Asupan salmon dikaitkan dengan kemungkinan penurunan depresi dan penurunan penurunan kognitif pada orang tua. Beberapa penelitian juga menunjukkan hubungan antara IQ dan makanan asam lemak yang  kaya omega-3 .

Yang menarik adalah penemuan terbaru dari apa yang disebut protectins. Ini adalah senyawa khusus yang terbuat dari DHA yang studi telah menunjukkan memainkan peran penting sebagai anti-inflamasi molekul, terutama bila diproduksi oleh jaringan saraf. Ada spekulasi bahwa beberapa nilai-otak terkait asupan omega-3 ikan mungkin karena konversi dari DHA dalam ikan ini untuk protectins yang dapat membantu dalam mencegah peradangan yang berlebihan. Vitamin D juga telah terbukti menjadi faktor utama dalam mendukung fungsi kognitif, dan salmon kaya akan nutrisi ini.

Pencegahan Kanker
Vitamin D telah terbukti memainkan peran penting dalam menurunkan resiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, prostat, dan kanker kolorektal. Salmon mengandung tingkat vitamin D dan selenium yang sangat tinggi, yang juga berhubungan dengan pencegahan beberapa jenis kanker, termasuk kanker kolorektal.

Omega-3 lemak juga dihubungkan dengan penurunan risiko untuk beberapa jenis kanker, termasuk kanker kolorektal, kanker prostat, dan kanker payudara. Asupan omega-3 secara reguler telah terbukti sangat efektif melawan sel darah atau kelenjar getah sel yang berhubungan dengan kanker seperti leukemia, multiple myeloma, dan non-Hodgkins limfoma.

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan
Kesehatan Mata
Manfaat ikan salmon untuk kesehatan selanjutnya diketahui bahwa minyak ikan salmon baik untuk meningkatkan penglihatan, selain juga dapat membantu dalam menghindari degenerasi makula terkait usia. Lemak Omega-3 yang ditemukan dalam ikan salmon telah dibuktikan efektif dalam memerangi baik degenerasi makula dan mata kering yang kronis. Dalam kasus degenerasi makula, dua porsi salmon seminggu sudah cukup untuk secara signifikan mengurangi risiko.

Studi pada mata kering mulai fokus khusus pada neuroprotectins terbuat dari DHA dalam ikan salmon dan lainnya omega-3 ikan. Molekul omega-3 yang diturunkan mungkin membantu dalam mencegah mata kering kronis dengan mengurangi peradangan.

Kesehatan Kardiovaskular
Konsumsi omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon juga terkait dengan penanda metabolik ditingkatkan untuk penyakit kardiovaskular. Konsumsi salmon dapat menurunan risiko dengan permasalahan kardiovaskular, seperti serangan jantung, stroke, aritmia jantung dan tekanan darah tinggi.
Tingginya tingkat selenium antioksidan dalam salmon juga telah terbukti sangat penting dalam perlindungan kardiovaskular.

Kesehatan Kulit dan Rambut
Omega-3 dalam ikan salmon dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Mendorong produksi kolagen yang kuat dan serat elastin, yang memberikan kontribusi untuk kulit terlihat lebih muda. Omega-3 juga telah dikenal untuk mengurangi peradangan kulit dan dapat mempertahankan kilau rambut dengan baik. Omega-3 menyediakan makanan untuk folikel rambut, membantu rambut tumbuh sehat dan mencegah rambut rontok.  Kandungan protein yang tinggi dari salmon membantu menjaga rambut kuat dan sehat.

Semoga informasi di atas bermanfaat. 6 manfaat ikan salmon untuk kesehatan.
Advertisement
Manfaat ikan salmon untuk kesehatan | Najla Alliya | 5