Manfaat Olahraga

Manfaat Olahraga - Olahraga teratur dapat membantu melindungi Anda dari penyakit jantung dan stroke, tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, nyeri punggung, osteoporosis, dan dapat membantu meningkatkan mood Anda untuk mengelola stres.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, para ahli menyarankan Anda melakukan 20 sampai 30 menit aktivitas aerobik tiga kali atau lebih dalam seminggu. Selain itu, tambahkan juga beberapa jenis aktivitas penguatan otot dan peregangan setidaknya dua kali seminggu.

Jika Anda tidak dapat melakukan aktivitas olahraga untuk sementara waktu, Anda mungkin dapat memulai dengan kegiatan yang kurang berat seperti berjalan atau berenang. Awali dengan kecepatan lambat akan memungkinkan Anda untuk menjadi sehat secara fisik tanpa melelahkan tubuh Anda. Setelah Anda berada dalam kondisi yang lebih baik, secara bertahap Anda dapat melakukan aktivitas yang lebih berat.

Bagaimana Dampak Aktivitas Fisik Terhadap Kesehatan?


Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur setiap hari dalam seminggu dapat mengurangi risikodari beberapa penyebab utama penyakit dan kematian.

• Mengurangi risiko kematian prematur.
• Mengurangi risiko mati muda dari penyakit jantung.
• Mengurangi risiko terkena diabetes.
• Mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi.
• Membantu mengurangi tekanan darah pada orang yang sudah memiliki tekanan darah tinggi.
• Mengurangi risiko terkena kanker usus besar.
• Mengurangi perasaan depresi dan kecemasan.
• Membantu mengontrol berat badan.
• Membantu membangun dan menjaga kesehatan tulang, otot, dan sendi.
• Membantu orang dewasa menjadi lebih kuat dan lebih mampu untuk bergerak tanpa jatuh.
• Meningkatkan kesejahteraan psikologis.

Manfaat Spesifik Olahraga Bagi Kesehatan


Penyakit Jantung dan Stroke. Aktivitas fisik harian dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke dengan memperkuat otot jantung Anda, menurunkan tekanan darah, meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) tingkat (kolesterol baik) dan menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL) (kolesterol jahat), meningkatkan aliran darah, dan dapat meningkatkan kapasitas kerja jantung Anda.

Tekanan Darah Tinggi. Aktivitas fisik yang teratur dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan tingkat tekanan darah tinggi. Aktivitas fisik juga mengurangi kegemukan tubuh, yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

Noninsulin-Dependent Diabetes. Dengan mengurangi kegemukan tubuh, aktivitas fisik dapat membantu untuk mencegah dan mengendalikan diabetes.

Obesitas. Aktivitas fisik membantu mengurangi lemak tubuh dengan membangun atau mempertahankan massa otot dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan kalori. Ketika aktivitas fisik dikombinasikan dengan nutrisi yang tepat, dapat membantu mengontrol berat badan dan mencegah obesitas, faktor risiko utama untuk banyak penyakit.

Mencegah Sakit. Dengan meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh serta meningkatkan fleksibilitas, olahraga teratur membantu mencegah sakit punggung.

Osteoporosis. Latihan beban secara regular dapat membantu pembentukan tulang dan dapat mencegah berbagai bentuk kehilangan tulang terkait dengan penuaan.

Efek Psikologis. Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan mood Anda. Para peneliti juga telah menemukan bahwa olahraga dapat mengurangi depresi dan kecemasan, dan membantu Anda untuk mengelola stres. Baca juga, 5 manfaat latihan bagi kesehatan mental dan pikiran.

0 Response to "Manfaat Olahraga"

Poskan Komentar