Inilah Bagaimana Caranya Makanan Anda Diserap

Proses transfortasi dan penyerapan nutrisi - Molekul makanan, air dan mineral dari makanan, dicerna dan diserap dari rongga bagian atas usus halus. Bahan diserap menyeberangi mukosa ke dalam darah, dan dibawa dalam aliran darah ke bagian lain dari tubuh untuk penyimpanan atau perubahan kimia lebih lanjut. Proses ini bervariasi dengan berbagai jenis nutrisi.

Karbohidrat: Beberapa makanan yang paling umum sebagian besar berisi karbohidrat. Contohnya adalah roti, kentang, kue-kue, permen, beras, spaghetti, buah-buahan, dan sayuran. Banyak dari makanan ini mengandung zat tepung, yang dapat dicerna, dan serat, yang tubuh tidak bisa mencerna.

Karbohidrat dicerna dan dipecah menjadi molekul yang lebih sederhana oleh enzim dalam air liur, dalam jus yang dihasilkan oleh pankreas, dan pada lapisan usus kecil. Pati dicerna dalam dua langkah: Pertama, enzim dalam air liur dan jus pankreas istirahat pati menjadi molekul yang disebut maltosa, kemudian enzim pada lapisan usus kecil (maltase) membagi maltosa menjadi molekul glukosa yang dapat diserap ke dalam darah. Glukosa dilakukan melalui aliran darah ke hati, di mana disimpan atau digunakan untuk menyediakan energi bagi kerja tubuh.

Protein: Makanan seperti daging, telur, dan kacang-kacangan terdiri dari molekul protein yang harus dicerna oleh enzim sebelum mereka dapat digunakan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Molekul-molekul kecil dapat diserap dari rongga usus kecil ke dalam darah dan kemudian dibawa ke seluruh bagian tubuh untuk membangun dinding dan bagian lain dari sel.

Proses Penyerapan dan Transportasi Nutrisi
Gambar dari msnbc.msn.com

Lemak: Molekul lemak merupakan sumber yang kaya energi bagi tubuh. Asam empedu yang diproduksi oleh hati sebagai tindakan deterjen alami untuk melarutkan lemak dalam air dan memungkinkan enzim untuk memecah molekul lemak besar menjadi molekul yang lebih kecil, beberapa di antaranya adalah asam lemak dan kolesterol.

Asam empedu bergabung dengan asam lemak dan kolesterol dan membantu molekul-molekul untuk pindah ke sel-sel mukosa. Dalam sel-sel molekul kecil dibentuk kembali menjadi molekul besar, yang sebagian besar masuk ke limfatik di dekat usus.

Vitamin: Bagian penting dari makanan kita yang diserap dari usus kecil adalah bahan kimia yang kita sebut vitamin. Ada dua jenis vitamin, diklasifikasikan oleh cairan di mana mereka dapat dilarutkan: vitamin yang larut air (semua vitamin B dan vitamin C) dan vitamin larut lemak (vitamin A, D, dan K).

Air dan Garam: Sebagian besar materi yang diserap dari rongga usus kecil adalah air di mana garam terlarut. Garam dan air berasal dari makanan dan cairan yang kita makan. Cairan disekresi oleh kelenjar pencernaan. Pada orang dewasa yang sehat, lebih dari satu galon air yang mengandung lebih dari satu ons garam diserap dari usus setiap 24 jam.