Berbohong bikin hidung panjang

Berbohong bikin hidung panjang seperti pinokio, apakah benar? Penelitian menunjukkan bahwa hidung orang yang sedang berbohong akan menglami peningkatan suhu, demikian penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Granada.

Gejala tersebut mungkin tidak akan tampak secara langsung atau kasat mata, tetapi dengan kamera khusus akan sangat mudah dibedakan.

Perubahan suhu yang terjadi pada hidung tersebut hanya dapat diamati oleh thermal imaging atau kamera khusus untuk pencitraan panas. Dinyatakan, teknologi ini juga bisa mengamati rangsang seksual yang dialami laki-laki maupun perempuan yang tampak dari perubahan suhu pada area genital.

Mungkin benar adanya tapi perubahan hidung Anda tidak akan berubah seperti pinokio-pinokio amat, ya :D Secara gitu...

Berbohong bikin hidung panjang

Penyebab memanasnya suhu hidung ketika berbohong diyakini terjadi sebagai akibat efek dari kegelisahan karena merasa bersalah. Untuk mendinginkannya agar tidak ketahuan, para ilmuwan menyebut upaya tersebut sebagai perjuangan mental yang luar biasa.

Ilmuwan para peneliti efek hidung panjang menyebutnya sebagai efek pinokio, walaupun tidak benar-benar memanjang seperti Pinokio.