Inilah 5 Tanaman Pereda Stres

Tanaman Pereda Stres - Setaip hari banyak orang yang mengalam stres. Banyak cara untuk meredakan stres, namun sayang, orang kerap kali mencoba meredakan stres dengan cara banyak makan, yang akhirnya malahan dapat membuat tubuh semakin besar.

Padahal banyak cara mudah untuk meredakan dan mengatasi stres yang Anda alami, selain dengan pijat aroma terapi  untuk stres, cara lainnya yaitu dengan menghirup wewangian dari tanaman pereda stres yang mengeluarkan aroma wangi. Aroma-aroma yang dikeluarkan tanaman ini dapat membantu Anda meredakan stres dengan cara membuat Anda jadi lebih rileks dan tenang.

Tanaman apa saja? Mari kita simak 5 tanaman pereda stres seperti dikupas health.kompas.com.

1. Rosemary
Tanaman ini populer digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan. Aroma tanaman ini bisa berguna untuk mengurangi tekanan akibat stres karena rosemary mampu melemaskan otot-otot tubuh yang kaku. Bahkan khasiat rosemary untuk relaksasi ini diakui oleh bangsa Yunani sejak bertahun-tahun lalu. Orang Yunani sering menggunakan rangkaian rosemary di kepala mereka karena dianggap bisa memiliki efek relaksasi untuk otak.

2. Lavender
Lavender juga berkhasiat sebagai ramuan super yang bisa menghilangkan stres. Aroma lavender ini mampu merangsang sistem kekebalan tubuh dan menenangkan kulit. Anda bisa menggunakannya sebagai salah satu minyak esensial untuk memijat tubuh, atau mengonsumsi teh dengan aroma lavender. Jika tak suka cara ini, Anda juga bisa mendapatkan keharuman lavender ini dari parfum, penyegar ruangan, dan lain-lain. Mencium aromanya bisa membantu Anda melepaskan ketegangan.

Lavender Tanaman Pereda Stres

3. Teh hijau
Teh hijau memang sudah diketahui memiliki beragam manfaat kesehatan. Tak hanya untuk kesehatan, ternyata teh hijau juga bisa membantu meringankan stres karena kandungan asam amino yang disebut tiamin. Tiamin berguna untuk mengurangi semua hormon stres. Untuk menghindari stres, paling tidak Anda harus menikmati sekitar 3-4 cangkir.

4. Chamomile
Chamomile ini merupakan salah ramuan yang bisa menyembuhkan demam. Selain itu, chamomile juga bisa membantu membuat kulit lebih bersinar dan pastinya menghilangkan stres. Aroma chamomile ini bisa didapatkan dari cecangkir teh chamomile yang menenangkan.

5. Sage
Sage diklaim lebih efektif menenangkan otak dibanding obat pereda stres lainnya. Aroma rempah yang kuat dari sage bisa digunakan untuk menenangkan tubuh, otot dan otak.

Itulah 5 jenis tanaman pereda stres yang mengeluarkan aroma wangi dan dapat bermanfaat untuk meredakan stres. Semoga bermanfaat. Baca juga, 5 cara ampuh atasi stres.