Khasiat dan Manfaat Jahe

Advertisement
Khasiat dan Manfaat Jahe - Jahe mengandung senyawa keton (zingeron) dan dikenal sebagai rempah rempah pelengkap bumbu menu masakan. Selain itu jahe juga sering digunakan sebagai minuman penghangat badan, yang dikenal dengan wedang jahe, karena rasa pedas yang terkandung pada jahe sangat ampuh untuk membuat badan menjadi hangat. Rasa pedas Jahe yang khas menjadi sensasi rasa tersendiri sehingga disukai banyak orang.

Umumnya juga jahe biasa di konsumsi sebagai obat anti masuk angin dan obat herbal untuk beberapa penyakit sehingga banyak produsen produk makanan dan minuman berlomba-lomba untuk membuat produk kuliner dengan cita rasa jahe.

Beberapa Zat yang terkandung dalam jahe diantaranya adalah :
- Minyak atsiri zingiberena (zingirona)
- Zingibero
- Bisabolena
- Kurkumen
- Gingerol
- Filandrena
- Resin pahit.

Beberapa Manfaat jahe untuk kesehatan

- Jahe dipercaya bisa menjadi pereda flu, pilek dan sakit kepala.
Caranya mudah yaitu Ambil jahe segar (500 gr) lalu diiris dan direbus dengan air panas selama 20 menit. Anda bisa menambahkan gula merah (100 gr) –sesuai selera, lalu minum ramuan tradisional ini sebanyak 4 - 5 kali sehari.

- Periodontitis.
Caranya mudah yaitu Kumur mulut dengan air jahe hangat pada pagi dan malam hari. Jika tenggorokan masih terasa sakit atau gatal, tambahkan garam dalam jahe hangat dan gunakan 2-3 kali sehari.

- Mencegah Kerusakan gigi.
Caranya mudah yaitu Kumurlah mulut dengan jahe hangat pagi dan malam hari. Minum air jahe sebagai minuman rehari-hari dapat membantu mencegah dan meringankan gejala tersebut.


- Mencegah Migren.
Caranya mudah yaitu lakukan secara rutin dengan merendam tangan dalam air jahe hangat selama 15 menit. Cara ini dipercaya bisa meringankan rasa sakit.

- Mencegah Mabuk.
Caranya mudah yaitu dengan Minum air jahe hangat atau wedang jahe. Ketika mabuk, air jahe akan meningkatkan sirkulasi darah yang berguna menghilangkan kadar etanol dari tubuh. Anda bisa menambahkan madu agar cita rasanya menjadi lebih enak.

- Menurunkan Tekanan darah tinggi.
Caranya : Rendam kaki dalam air jahe hangat selama 15 menit. Metode ini membantu sirkulasi darah dengan cara refleksologi untuk menurunkan tekanan darah.

Catatan penting :
Ibu hamil sebaiknya janganlah mengkonsumsi jahe karena zat yang terkandung dalam jahe bisa berbahaya bagi kandungan. Semoga bermanfaaat.

Khasiat dan Manfaat Jahe | Najla Alliya | 5