Manfaat Ginseng Jawa

Advertisement
Manfaat Ginseng Jawa - Dari namanya saja sudah bukan rahasia lagi orang mengenal manfaat ginseng. Namun, ginseng yang ini sepertinya ada embel-embelnya kata "Jawa", apaan tuh? Apa memiliki manfaat yang sama dengan ginseng yang kita kenal selama ini dari korea?

Ginseng jawa dengan nama ilmiah Talinum paniculatum, dikenal dengan nama Daun Kolesom. Ginseng ini sebenarnya sejak nenek moyang dikenal pula memiliki khasiat seperti halnya ginseng korea atau cina, yaitu mengatasi gangguan seksual (afrodisiak).

Tanaman Ginseng Jawa merupakan tanaman tahunan, dapat tumbuh baik di daerah panas hingga sejuk. Sebenarnya khasiat Ginseng Jawa, selain bermanfaat sebagai afrodisiak, juga mempunyai efek farmakologis sebagai antiinflamasi, stumulans syaraf, dan juga meningkatkan motilitas sperma.

Bagian tanaman yang biasa dimanfaatkan untuk pengobatan gangguan seksual (impotensi) adalah akar. Kadang bentuk akar ginseng jawa mirip dengan bentuk akar ginseng korea. Beberapa penelitian juga sudah dilakukan terhadap tanaman ini dan hasilnya membuktikan bahwa ginseng jawa mampu meningkatkan motilitas sperma, mengurangi panas pada peradangan dan juga meningkatkan aktivitas syaraf motorik.

Selain daun ginseng jawa dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional, juga dapat menjadi tambahan makanan untuk meningkatkan stamina, agar tubuh tidak lemas, apalagi jika sesudah olahraga.

Dengan daun ginseng jawa, kita dapat membuat makanan kesukaan untuk meningkatkan stamina, seperti membuat mie goreng, jika di campur dengan daun ginseng jawa terasa nikmat. Untuk menyajikannya pun sangatlah mudah, kita hanya membuat makanan tersebut dengan di campur daun ginseng jawa. Namun, daun ginseng jawa yang dipakai yaitu bagian daun yang muda supaya tidak terlalu pahit.

Manfaat Daun Ginseng Jawa

Konon, daun ginseng jawa dapat mengatasi masalah penyakit kanker payudara, keputihan, memperbanyak asi, dan lain lain. Untuk pengobatan ini dapat digunakan dengan memilih daun ginseng jawa yang tidak terlalu tua.

Baca juga, tanaman ginseng capai harga Rp. 400 Juta

Berdasarkan informasi search di blog teman, katanya jika kebanyakan mengkonsumsi daun ginseng jawa, bisa mengakibatkan keracunan, bahkan kematian. Ngeriii... Dan jika sudah terkena keracunan daun ginseng jawa, untuk mengatasinya dapat dengan cara minum kopi keras, serta istirahat yang cukup di tempat terbuka.

Demikian sekilas manfaat ginseng jawa, semoga informasi ini menambah sedikit wawasan bagi Anda.

Manfaat Ginseng Jawa | Najla Alliya | 5