Mencegah diabetes dari hal yang terkecil

Ingin Cegah Diabetes? Mulailah dengan Hal-hal Kecil. Diabetes termasuk penyakit yang harus diwaspadai sebab dapat menimbulkan hal-hal yang lebih parah lagi dan dapat menyebabkan komplikasi. Namun demikian, sebenarnya diabetes bisa dicegah, terutama melalui hal-hal kecil yang mungkin disepelekan banyak orang.

Walaupun keengarannya sepele dan anggapan anda mungkin hal kecil, tapi beberapa langkah berikut ini bisa dilakukan oleh masyarakat untuk membantu mencegah timbulnya penyakit diabetes tipe 2, yaitu:

1. Secara perlahan dan sedikit demi sedikit cobalah mengganti makanan asin, berlemak dan gula dengan sayuran, buah dan kacang-kacangan.

2. Tambahkan bumbu maupun rempah pada makanan yang rendah lemak, sehingga terasa sedikit gurih.

3. Masukkan menu daging, ayam atau ikan yang di steam atau dipanggang dan tidak menggorengnya, misalnya mulai dari 2 kali seminggu dan nanti ditingkatkan secara bertahap.

4. Tambahkan irisan pisang atau apel saat makan sereal.

5. Mencoba buah atau sayuran baru yang mungkin selama ini belum pernah dicoba.

6. Usahakan untuk memiliki jadwal makan teratur dan tidak melewatkannya.

7. Jadikan makan bersama-sama keluarga menjadi rutinitas yang mungkin bisa dilakukan hampir setiap hari.

8. Mengurangi porsi makan dengan menggunakan piring dan gelas yang ukurannya lebih kecil.

9. Melakukan aktivitas fisik dengan intensitas ringan ke sedang, mulai dari 15 menit lalu meningkat menjadi 30 menit selama 5 hari dalam seminggu, bisa berupa jalan cepat atau sepeda.

10. Perbanyak waktu untuk berjalan, seseorang memang dianjurkan untuk melakukan 10.000 langkah setiap hari, tapi jika tidak sanggup maka mulailah dengan mengurangi penggunaan lift, memarkir kendaraan lebih jauh dari lobby kantor atau menghindari penggunaan angkutan umum untuk jarak dekat.

Diketahui ada beberapa hal yang menjadi faktor risiko dari diabetes yaitu kelebihan berat badan atau obesitas, memiliki orangtua atau saudara dengan diabetes, pola makan tidak sehat, tidak aktif bergerak yaitu kurang dari 3 kali seminggu, serta memiliki diabetes ketika hamil (diabetes gestational).

Sebagian besar orang tidak menyadari jika dirinya menderita diabetes sampai muncul gejala seperti penglihatan kabur atau komplikasi lainnya. Jadi penting untuk mengetahui apakah seseorang berisiko diabetes atau tidak, dan pencegahan tentu jauh lebih baik ketimbang pengobatan.

Demikian semoga Caramencegah diabetes dari hal yang terkecil ini bermanfaat bagi Anda, dan terutama Anda mengalikasikannya, karena begitu mudah, bukan?

Sumber: detikhealth.com