Merokok dapat mengurangi kemampuan otak

Merokok dapat mengurangi kemampuan otak, sepertinya perlu Anda ketahui bahwa merokok tidak hanya berpengaruh terhadap paru-paru dan jantung, melainkan lebih dari itu, juga dapat mempengaruhi pikiran. Merokok bisa menyebabkan kerusakan pada otak dengan merusak kemampuan belajar, mengingat, dan  menalar. Demikian menurut penelitian yang dilakukan di King College London seperti diberitakan kompas.com.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara risiko serangan jantung ataupun stroke dengan penurunan kemampuan berpikir seseorang. Hal ini disebabkan karena orang-orang yang memiliki resiko tinggi serangan jantung dan stroke mengalami penurunan kemampuan kognitif terbesar. Selain itu peneliti juga menyatakan adanya hubungan antara perokok dengan hasil tes yang buruk.

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rokok dan tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penurunan kognitif", demikian  Dr. Simon Ridley, Peneliti Alzheimer dari  UK mengatakan. Lebih lanjut  Dr. Alex Dregan, salah satu peneliti, menuturkan, "penurunan kognitif secara umum terjadi akibat penuaan,” “Kami telah mengidentifikasi sejumlah faktor risiko yang dapat dikaitkan dengan penurunan kognitif menjadi lebih cepat,” tambahnya.

Kemampuan kognitif menurun seiring bertambahnya usia, namun penurunannya dapat diperlambat. Hasil ini menggarisbawahi pentingnya menjaga kesehatan jantung Anda dari usia pertengahan.

"Makan makanan seimbang, menjaga berat badan yang sehat, berolahraga secara teratur, rutin memeriksa tekanan darah dan kolesterol serta tidak merokok dapat membuat perbedaan,” jelas Ridley. Baca juga cara berhenti merokok.

Demikian sekilas bahasan mengenai merokok dapat mengurangi kemampuan otak. semoga share tentang ulasan merokok dapat mengurangi kemampuan otak ini bermanfaat bagi Anda.