Tumis Ginseng Jawa..Ajeb Gilee

Daun ginseng jawa yang berbentuk lonjong serta memiliki warna hijau mengkilap mulai banyak disukai sebab rasanya renyah enak jika ditumis atau dicampur dalam aneka sayur. Bahkan melihat khasiatnya dari dulu ginseng jawa dipercaya kaya akan manfaat. Baca manfaat ginseng jawa.

Daun ginseng jawa yang merupakan bagian dari tanaman ginseng Jawa atau dikenal dengan kolesom Jawa (Talinum crassifolium)ini dapat tumbuh menjalar dan dengan ketinggian bisa mencapai sekitar 60 cm. Bahkan akar ginseng jawa biasa dimanfaatkan dalam anggur kolesom untuk meningkatkan vitalitas pria.

Yang paling asik, selain dapat dimanfaatkan khasiat herbalnya, tanaman ini juga dapat dijadikan tanaman hias karena penampilan bunga yang cantik dan memiliki warna merah muda.

Kandungan daun ginseng kaya akan mineral dan protein, vitamin A, dan asam amino. Meski belum ada penelitian khusus, daun ginseng sejak dulu dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Manfaat dari giseng jawa diantaranya dipergunakan untuk mengobati sakit maag, menyehatkan paru-paru, meningkatkan produksi ASI, menyembuhkan bisul, menyegarkan wajah yang letih, dan menambah nafsu makan.

Foto: toptropicals.com

Umumnya daun yang bentuknya oval dan lembut ini diolah dengan cara cepat. Misalnya, dimasukkan ke dalam sup, campuran capcay, hotpot, shabu-shabu, atau direbus. Untuk mengolahnya hanya diperlukan waktu singkat. Rebus sebentar dalam air mendidih dan segera angkat. Karena daun ini mudah kehitaman warnanya.

Apabila daun ginseng jawa ditumis, aduk dengan api besar setelah mulai layu, angkat dan nikmati segera agar terasa renyah. Paling sering daun ginseng ini disajikan sebagai sayuran tumis. Setelah matang memang sedikit kenyal dan berlendir. Karena itu harus sesegera mungkin dimakan.

Daun ginsengbanyak tersedia di swalayan. Tapi, Anda bisa menanam sendiri ginseng jawa ini di pot atau di pekarangan rumah. Ginseng Jawa mudah tumbuh di tanah yang gembur, cukup humus, serta tidak tergenang air. Cara menanamnya Anda bisa digunakan biji atau dengan stek batang, dalam beberapa bulan kemudian Anda bisa menikmati kelezatan dan manfaat daun ginseng jawa hasil dari yang Anda tanam. Sumber: detik.com