Bahaya Ngupil Dapat Menyebabkan Kematian

Telah banyak yang membahas bahayanya ngupil. Bahkan katanya ngupil dapat menyebabkan kematian. Betulkah demikian?

Mengupil memang  dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat dan sekaligus terkesan jorok bagi beberapa orang, apalagi mengupilnya dilakukan dengan sembarangan.

Meskipun mengupil itu terlihat menyenangkan memiliki manfaat untuk membantu membersihkan rongga hidung, namun juga bisa membahayakan kesehatan rongga hidung, terutama jika Anda melakukannya tanpa memerhatikan kebersihan tangan, misalnya.

Berikut sebagian akibat buruk mengupil jika dilakukan dengan sembarangan :

1. Mengupil dapat menyebabkan rongga hidung terluka
Sebelum mengupil, ingat untuk membersihkan tangan sebelum dan sesudahnya, janganlah lupa memotong kuku supaya rongga hidung tidak lecet. Baca juga, penyebab mimisan.

2. Pendarahan di rongga hidung
Pendarahan di rongga hidung dapat terjadi karena pelumas alami yang diperlukan rongga hidung supaya tidak kering, habis. Tetapi, bila seseorang jarang mengupil, lendir yang ada pada rongga hidung itu bercampur dengan kotoran serta dapat mengeras yang lema-kelamaan bisa menghalangi pernapasan.

Cewek sedang ngupil
3. Mengupil dapat mengakibatkan infeksi
Jika tangan Anda kotor, dan mengupil bisa menyebabkan beberapa virus flu mudah masuk ke hidung serta lebih gampang menyebar ke sisi tubuh yang lain.

4. Rontoknya rambut hidung
Rambut yang ada pada rongga hidung bermanfaat untuk menyaring debu. Tanpa rambut hidung, seluruh type penyakit yang tersebar melewati hawa bisa masuk dengan leluasa ke didalam tubuh. So, lakukan secara hati-hati dan tidak arogan jika Anda melakukan mengupil, ya!

5. Meninggal dunia
Kedengarannya extreem banget, ya? Mengupil kok bisa sampai meninggal dunia. Jadi begini ceritanya, didalam rongga hidung ada tulang ethmoid yakni tulang yang memisahkan hidung dengan otak. Bila waktu seseorang mengupil serta tidak sengaja menusuk tulang itu maka cairan di otak dapat bocor. Bocornya cairan tersebut dapat mengakibatkan meningitis ( radang selaput pelindung sistem saraf pusat – otak ). Nah, lho!

Terdengar serem juga ya akibat buruk mengupil. So, lakukan secara hati-hati ya jika Anda mengupil, periksa kondisi tangan sebelum Anda mengupil, kuku dan kebersihannya. Jangan terlampau overacting dan berlebihan, serta kasar.