BUAH SIRSAK UNTUK IBU HAMIL, BOLEHKAH MENGKONSUMSINYA?

Advertisement
Bolehkah mengkonsumsi buah sirsak untuk ibu hamil? Pertanyaan tersebut pasti menjadi salah satu pertanyaan para ibu hamil yang penasaran untuk mengkonsumsi buah sirsak. Mungkin para ibu hamil tahu manfaat dahsyat buah sirsak, tapi masih takut apakah aman mengkonsumsi buah ajaib ini? Apakah aman nanti terhadap janin dan bayi yang dikandung?

Sudah banyak diketahui, buah sirsak di percaya memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan terutama untuk pengobatan ambeien, kanker, liver, eksim, rematik, bisul, ataupun sakit pinggang. Baca juga, manfaat buah sirsak untuk diabetes. Tak hanya buahnya saja, daun, buah, dan bijinya pun bisa kita manfaatkan. Karena kandungan gizinya yang baik bagi kesehatan inilah sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengkonsumsinya. Tapi, apakah boleh mengkonsumsi buah sirsak untuk ibu hamil? Nah, buat para ibu hamil jangan langsung bertindak cepat ya, simak dahulu pemaparan berikut ini.

Kandungan gizi buah sirsak

Buah sirsak memiliki kandungan gizi yang spektakuler. Karena itulah buah sisak mempunyai manfaat yang spektakuler juga. SIlahkan baca post tentang khasiat buah sirsak. Dan berikut ini kandungan gizi buah sirsak.

1. Dalam setiap buah sirsak mengandung banyak air dan kandungan zat gizi seperti karbohidrat yakni gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) yang kadarnya 81.9 % sampai 93,6 % dari kandungan gula total
2. Buah sirsak hanya mengandung sedikit lemak sehingga baik untuk kesehatan apalagi bagi anda yang sedang dalam masa penurunan berat badan.
3. Buah ini juga kaya akan kandungan vitaminnya terutama vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buahnya. Sehingga hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak, anda telah memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda. Tingginya kandungan vitamin C pada buah sirsak ini merupakan antioksidan yang sangat baik dalam hal meningkatkan daya tahan tubuh serta memperlambat proses penuaan sehingga anda bisa tetap awet muda.
4. Dengan mengkonsumsi 100 gram daging buah sirsak berati telah memenuhi 13 % kebutuhan serat pangan sehari.
5. Buah sirsak kaya akan senyawa fitokimia sehingga baik untuk terapi pengobatan batu empedu, asam urat, dan obat herbal sembelit, dan juga mampu meningkatkan selera makan. Kandungan serat yang ada di dalamnya juga akan sangat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan.

Setelah mengetahui apa saja kandungan gizi buah sirsak di atas, mungkin anda akan langsung tertarik untuk mengkonsumsinya. Tapi, bagi anda yang sedang dalam masa kehamilan sebaiknya mengurungkan niat dulu untuk mencicipi buah segar yang satu ini.

Buah sirsak untuk ibu hamil

Beberapa dokter kehamilan sangat tidak menyarankan mengkonsumsi buah sirsak untuk ibu hamil. Ini karena rasa asam yang terkandung di dalam buah sirsak. Rasa asamnya itu sama halnya dengan buah nanas yang bisa mengakibatkan asam lambung meningkat sehingga berdampak memperparah rasa mual dan muntah saat hamil.

Selain itu, jika mengkonsumsi buah sirsak untuk ibu hamil juga akan berbahaya untuk embrionya. Jadi, sebaiknya bagi para ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi buah sirsak terlebih dahulu demi keselamatan si bayi dan ibunya sendiri.

Baca juga artikel Menarik lainya:

 Manfaat VCO untuk ibu hamil dan menyusui
 Penanganan umum diare pada balita
 Buah semangka untuk diet

BUAH SIRSAK UNTUK IBU HAMIL, BOLEHKAH MENGKONSUMSINYA? | Najla Alliya | 5