BUDI DAYA BUAH TOMAT Yang Sukses !

Bagaimana caranya budi daya buah tomat yang menghasilkan? Nah, bagi anda yang ingin mencoba cara bercocok tanam buah tomat, berikut ini ada tahap-tahap budi daya buah tomat. Tahap-tahap ini perlu diperhatikan mengingat supaya suksesnya budi daya buah tomat yang akan atau Anda sedang lakukan! Buah tomat sangat memiliki peranan penting untuk obat herbal.

1. Mempersiapkan media tanam
Langkah awal dalam budi daya buah tomat yakni mempersiapkan lahan atau media tanam yang akan di gunakan. Sebaiknya anda memilih tanah yang gembur dan subur serta memiliki pengairan yang cukup. Untuk memutuskan siklus orgasme pengganggu tanaman yang biasaya muncul, pastikan lahan yang akan anda gunakan belum pernah di tanami dengan tomat ataupun tanaman lainnya yang masih dalam satu famili seperti tembakau, cabai, terong, ataupu kentang.

2. Persemaian
Untuk budi daya tomat, Anda mesti memilih jenis benih tomat dari varietas unggul yang telah di rekomendasikan. Siapkan lahan tanam yang berisi campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 banding 1 lalu masukkan ke dalam polibag mini. Saat benih telah berumur 10 hari, pindahkan dalam bumbunan daun lalu diamkan selama 30 hari kemudian pindahkan ke lapangan.

3. Tanam
Proses tanam-menanam dilakukan ketika umur bibit 3 sampai 4 minggu dengan jumlah daun sebanyak 5 sampai 6 helai. Lakukan penanaman pada sore hari agar tanaman tetap dalam kondisi segar dan tidak stres. Buka polibag tadi kemudian masukkan bibit pada lubang tanam hingga batas pangkal batang kemudian timbun dengan tanah dengan sedikit tekanan lalu siram dengan air secukupnya

4. Pemupukan tanaman
Pada saat tomat berusia 1 MST sudah bisa dilakukan pemupukan pertama dengan memberikan urea dan KCL dengan takaran 2 gram per tanaman. Berilah pupuk tersebut 3 cm di sekeliling tanaman kemudian tutup kembali dengan tanah lalu siram dnegan air.

buah tomat dan budidaya buah tomat
5. Penyiangan dan pembubunan
Proses ini dilakukan ketika tanaman berumur 28 HTS bersamaan dengan penggemburan dan pemupukan susulan yang juga di ikuti dengan pengguludan tanaman.

6. Pengajiran
Agar tanaman tidak mudah roboh maka perlu untuk di topang. Ketika tanaman ini mencapai ketinggian 10 sampai 15 cm sebaiknya segera di ikat pada ajir. Setiap pertambahan tinggi 20 cm pada tanaman wajib di lakukan pengajiran.

Itu tadi sedikit tentang cara budi daya buah tomat yang bisa langsung anda praktekkan. Semoga bermanfaat. Budidaya tomat ini saya share mengingat khasiat dan manfaat tomat yang seabrek.

Artikel menarik sebelumnya:
 Cara mengetahui produk halal
 Buah sirsak untuk ibu hamil, bolehkah?
 Manfaat buah sirsak untuk diabetes