Cara Duduk Yang Benar Saat Menggunakan Komputer

Cara duduk yang benar saat menggunakan komputer - Sebuah fakta yang cukup mengejutkan menyebutkan bahwa mereka yang berumur 40 th. ke atas tidak dapat lagi bekerja dikarenakan menderita sakit punggung yang kronis. Hal tersebut disebabkan karena penderita sebelumnya mempunyai pengalaman dengan salah duduk.

Sewaktu bekerja di depan komputer selama berjam-jam, kebanyakan orang cenderung mengabaikan cara duduk di depan komputer yang baik dan benar. Hal ini dapat menyebabkan problem sakit punggung yang akut.

Supaya tidak mengalaminya sebaiknya anda melakukan perbaikan posisi duduk waktu bekerja. Dan beginilah caranya duduk yang baik dan benar saat Anda bekerja di depan komputer :

1. Atur tinggi kursi
Aturlah ketinggian kursi tempat duduk Anda, jangan sampai terlalu tinggi atau kerendahan. Posisi ketinggian duduk harus disesuaikan dengan posisi mata terhadap monitor komputer. Lihat gambar.

Cara duduk yang benar saat menggunakan komputer

2. Janganlah malas bersandar
Inilah perlunya kursi yang memiliki sandaran yaitu untuk mengistrirahatkan punggung anda. Tidak hanya bermanfaat untuk kenyamanan, lebih dari itu sandaran kursi memiliki manfaat untuk melindungi punggung terus lurus. So, jangan malas bersandar, ya.

3. Tempatkan tangan diatas meja
Posisi tangan yang menggantung dapat mengakibatkan aliran darah cepat mengalir ke ujung jari karena gravitasi. So sebaiknya posisi tangan berada di pangkuan atau diatas meja. Lihat gambar berikut.

Cara duduk yang benar saat menggunakan komputer

4. Posisi komputer
Posisi komputer harus disesuaikan dengan jarak mata (Coba lihat pada kedua gambar di atas). Semuanya menggambarkan pada posisitegak dan tidak membuat punggung dan leher membungkuk untuk melihat monitor.

Hal ini sering terjadi pada penggunaan laptop. Sebenarnya sama dengan menggunakan PC, jika Anda memakai laptop saat bekerja, posisikan laptop di atas meja sedemikian rupa sehingga tidak membuat punggung dan leher membungkuk demi berusaha melihat layar monitor laptop yang biasanya ditempatkan teraalu rendah.

5. Meregangkan tubuh
Meregangkan tubuh di selal-sela Anda duduk terlalu lama, adalah sebuah keharusan. Agar posisi duduk tidak monoton, setelah duduk sepanjang 15 menit maka anda mesti berjalan-jalan. Itu menurut aturan medis, lho! So, cobalah untuk bangun serta berjalan-jalan paling tidak sekali didalam satu jam.

Demikinlah 5 tips mengenai cara duduk yang benar ketika Anda menggunakan komputer atau laptop di rumah atau dimanapun saat Anda bekerja. Semoga bermanfaat.