JENIS JENIS BUAH SIRSAK

Advertisement
Jenis-jenis buah sirsak ternyata memiliki beberapa jenis buah sirsak yang harus Anda ketahui. Banyak orang yang mengkonsumsi buah sirsak karena rasanya yang asam manis dan segar serta daging buahnya yang terasa lembut di lidah.

Bahkan tak hanya enak, buah ini juga sering di gunakan sebagai alternatif penyembuhan penyakit atau obat herbal untuk beberapa penyakit berat hingga ringan seperti kanker, diabetes (baca, manfaat buah sirsak untuk diabetes) diare, sakit pinggang, dan beberapa penyakit lainnya. Cara pengobatan penyakit berat buah sirsak hampir sama seperti halnya dalam post tentang daun srikaya sebagai obat.

Tapi, tahukan anda jenis buah sirsak yang anda konsumsi itu termasuk jenis sirsak apa? Jadi sebenarnya, ada banyak jenis buah sirsak yang sering kita jumpai yang biasanya dibedakan berdasarkan bentuk dan rasanya. Berikut ini akan di paparkan beberapa jenis buah sirsak yang patut untuk anda coba:

1. Sirsak ratu
Jenis buah sirsak ratu

Jenis buah sirsak yang satu ini memiliki ukuran yang bermacam-macam, mulai dari ukuran yang kecil hingga ukuran yang besar. Bentuk kulit sirsak ratu terasa licin dan berduri sedangkan daging buahnya bertepung dan memiliki rasa yang manis sehingga sangat coock untuk dikonsumsi sebagai jus penghilang dahaga.

2. Sirsak biasa
Jenis buah sirsak biasa

Sirsak biasa ini hampir mirip dengan sirsak ratu yaitu memiliki tekstur buah yang bertepung dan memiliki kadar air yang lebih banyak. Tapi, jenis buah sirsak yang satu ini biasanya di konsumsi setelah di olah terlebih dahulu seperti dibuat sirup, dodol, wajik, ataupun selai.

3. Sirsak bali
Jenis buah sirsak bali

Dianamakan sirsak bali karena kebanyakan jenis buah sirsak ini di temukan di daerah pulau Bali yang biasa juga di sebut dengan sirsak gundul, sirsak mentega, dan juga sirsak sabun. Sirsak bali ini biasanya memiliki ukutan yang lebih kecil dari pada sirsak yang lainnya, beratnyapun hanya sekitar 200 sampai 300 gram tiap buahnya. Sirsak jenis ini biasanya tidak berduri dan daging buahnya manis sehingga cocok untuk di sajikan sebagai jus segar.

4. Sirsak mandalika
Jenis buah sirsak mandalika

Jenis sirsak madalika penyebarannya hampir di seluruh wilayah Indonesia. Sirsak mandalika memiliki bentuk fisik yang mirip dengan buah nona. Daging buahnya berwarna kuning serta memiliki banyak biji. Di bagian luarnya hanya terdapat sedikit duri yang letaknya berjauh-jauhan. Jenis sirsak ini sebaiknya diolah dahulu sebelum di konsumsi.

Itulah jenis-jenis buah sirsak yang patut anda ketahui, apalagi bagi anda yang sangat menyukai atau hobinya makan buah sirsak, mungkin pastinya telah mengetahui jenis-jenis buah sirsak sebagaimana tersebut di atas.

Baca juga:
 Cara budidaya buah tomat yang sukses !
 Bagaimana cara mengetahui produk halal

JENIS JENIS BUAH SIRSAK | Najla Alliya | 5