Kandungan gizi dan manfaat pisang, apa sih?

Kandungan gizi dan manfaat pisang - Siapa sih yang tidak mengenal dan mengetahui buah pisang dengan bentuk panjang, berwarna kuning, serta tumbuh di dataran tropis ini ? Saya rasa nyaris seluruh orang mengetahui pisang, terlebih orang indonesia. Anda tentu kerap melihat bayi yang baru memasuki usia enam bulan, serta baru diberi makanan padat, telah dikasih pisang oleh ibunya.

Ya, walau tidak seluruh ibu melakukannya kepada bayi, tetapi tidak dapat dipungkiri, pisanglah banyak digunakan sebagai makanan padat pertama untuk bayi dikarenakan kandungan nutrisi serta vitaminnya yang bisa jadi sumber energi untuk bayi. Ingin tahu manfaat pisang serta kandungannya dengan lebih lengkap ?  Mari, kita teliti satu per satu kandungan gizi dan apa manfaat pisang untuk tubuh kita !

Kandungan gizi pisang

Menurut data dari USDA national nutrient data base, pisang mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi yakni lebih kurang 22. 84 gram atau lebih kurang 18% dari seruluh kandungan gizinya hingga pisang dapat menahan rasa lapar.

Disamping itu, pisang mempunyai kandungan protein lebih kurang 1. 09 gram atau lebih kurang 2%. untuk kandungan lemak dan serat yang dimiliki pisang salah satunya tiap-tiap 0. 33 gram serta 2. 6 gram.

Pisang juga mempunyai banyak vit. salah satunya folat sejumlah 20 mg, niacin sejumlah 0. 665 mg, tianin, 0. 031 mg, dan vit. a, c, e, serta k tiap-tiap sebesar 64 iu, 8. 7 mg, 0. 10 mg, serta 0. 5 mg.

Tak hanya vit. yang melimpah, pisang juga mempunyai elektrolit serta mineral yang amat berguna utuk kesehatan tubuh. Kandungan elektrolit buah pisang diataranya yaitu sodium sejumlah 1 mg serta potassium sejumlah 358 mg atau lebih kurang 8%.

Wanita makan pisang

Adapun kandungan mineral yang ada di dalam buah kuning yang mengundang selera ini salah satunya tembaga sebesar 0. 078 mg, manggan 0. 270 mg kalsium 5 mg, zat besi 0. 26 mg, magnesium sejumlah 27 mg, fosfor sejumlah 22 mg, dan selenium serta zinc yang tiap-tiap sebesar 1 mg serta 0. 15 mg.

Itulah beberapa kandungan gizi buah pisang yang ternyata seabrek. Nah sekarang mari kita lihat apa saja manfaat buah pisang berdasarkan kandungan gizi yang dipunyai oleh buah yang menarik ini.

Manfaat buah pisang

Manfaat pisang serta kandungannya yang pertama yakni pisang adalah sumber energi untuk tubuh. Meskipun tidak sebesar kandungan karbohidrat pada nasi, singkong, maupun roti, kandungan karbohidrat yang ada pada pisang nyatanya pisang cukup sukses untuk mengganjal perut yang tengah keroncongan.

Kandungan gizi dan manfaat pisang
Pisang juga bisa jadikan makanan pokok alternatif untuk anda yang tengah melakukan program diet. Kandungan seratnya yang tinggi pada pisang dapat menurunkan kolesterol. Diet dengan cara memanfaatkan  buah pisang, yakni cuma mengonsumsi pisang untuk makan malam, hal ini lebih baik daripada mengonsumsi buah apel yang mempunyai kandungan gula yang banyak.

Vitamin C pada pisang bisa menolong tubuh untuk menghindar dan menghancurkan serangan virus infeksi yang ada pada tubuh. Pyridoxine, yakni zat yang dimiliki vitamin-b6 adalah vit. b-kompleks, memiliki peran didalam pengobatan neuritis serta anemia. Vitamin C yang dikandung pisang juga dapat membantu meurunkan tingkatan penyakit stroke pada tubuh.

Kandungan mineral didalam pisang berperan penting saat menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya mineral magnesium pada pisang, sangat penting untuk kemampuan tulang kita. Zat tembaga adalah mineral didalam tubuh untuk sistem produksi sel darah merah. Zat manggan dipakai tubuh sebagai pembentukan enzim antioksidan superoxide dismutase. Begitu juga dengan zat elektrolit potassium pada pisang tak lepas dari manfaat. Potassium adalah komponen sel yang dapat membantu menormalkan tekanan darah.

Itulah sebagian kecil share mengenai kandungan gizi dan manfaat pisang yang berguna untuk tubuh kita. Bagi anda yang ingin hidup lebih sehat, makanlah pisang setiap hari, ya!