Khasiat Buah Nanas

Khasiat Buah Nanas. Buah Nanas atau biasa disebut juga dengan sebutan nenas, atau dimaksud juga ananas ( ananas comosus ( l. ) merr. ) adalah type tumbuhan tropis yang datang dari bolivia, brasil, serta paraguay. Tumbuhan nanas terhitung didalam familia nanas-nanasan ( famili bromeliaceae ).

Buah nanas banyak memiliki kandungan vitamin a serta c yang berguna sebagai antioksidan. Disamping itu buah nanas juga beberapa kandungan zat ang bermanfaat bagi kesehatan, seperti kalsium, magnesium, kalium, fosfor, besi, sukrosa, natrium, dekstrosa, dan enzim bromelain.

Sebagaimana kita kenali bahwa bromelain mempunyai manfaat sebagai antiradang, bisa membantu untuk melunakkan makanan di lambung, serta bisa menghalangi perkembangan sel kanker. Kandungan serat pada buah nanas berguna untuk yang menderita sembelit dalam mempermudah buang air besar.

Di bawah ini sebagian khasiat buah nanas yang telah masak :
  • Dapat mengurangi keluarnya asam lambung yang terlalu berlebih,
  • Bisa membantu pencernaan makanan di lambung,
  • Memiliki sifat dingin,
  • Bermanfaat sebagai antiradang,
  • Sebagai peluruh kencing ( diuretik ),
  • Bisa mengganggu perkembangan sel kanker,
  • Untuk bersihkan jaringan kulit yang mati,
  • Bisa menghalangi penggumpalan trombosit.
Itulah beberapa khasiat buah nanas yang penting Anda ketahui, namun begitu, dikatakan bahwa buah nanas perlu dihindari oleh ibu hamil, pasalnya buah nanas berpotensi dapat menggugurkan kandungan.

khasiat buah nanas

Didalam pengetahuan kedokteran belum ada yang menerangkan bahwa nanas bisa menggugurkan kandungan, namun baiknya berhati hati saja apabila mengonsumsi buah nanas terlebih buah nanas muda, jauhi buah nanas terutama untuk wanita yang hamil muda, dikarenakan mitos dari buah nanas muda nyatanya bisa menggugurkan kandungan si buah hati anda.

Dampak dari buah nanas untuk ibu hamil punya potensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang bisa dipakai untuk melancarkan terlambat haid. So, wanita hamil dilarang mengonsumsi nanas muda, ya.

Memang, disamping manfaat buah nanas yang hebat, ternyata memiliki efek samping yang perlu diketahui oleh kita, terutama ibu hamil. Demikian share tentang khasiat buah nanas. Baca juga, manfaat buah-buahan.