MANFAAT BUAH SIRSAK UNTUK DIABETES

Manfaat buah sirsak untuk diabetes saat ini begitu banyak yang membutuhkan sehubungan dengan sampai saat ini tercatat 21,3 juta jiwa yang ada di Indonesia menderita penyakit diabetes. Data ini diperoleh dari pusat diabetes dan Lipid Indonesia yang memprediksi total penderita diabetes tiap tahunnya. Dalam menurunkan angka penginap penyakit diabetes ini, serangkaian penelitian dilakukan untuk menyembuhkan seseorang dari diabetes.

Di kalangan masyarakat banyak yang percaya akan manfaat buah sirsak untuk diabetes. Bahkan bebrapa kalangan medis menyetujui akan hal tersebut. Mereka berpendapat bahwa kandungan yang ada di dalam buah sirsak mampu menurunkan serta menjaga kadar gula yang ada di dalam darah hingga pada batasan normal. Silahkan baca, khasiat buah sirsak.

Sebenarnya batasan normal gula darah yang ada di dalam tubuh setiap orang bervariasi jumlahnya, mulai dari 70 mg/dl sampai 120 mg/dl. Karena khasiatnya inilah sehingga banyak yang mencoba buah sirsak untuk diabetes yang sedang mereka derita.

Kandungan Buah Sirsak


Menurut Direktur Klinik Medizone, buah sirsak mengandung zat gizi yang sangat penting bagi tubuh. Senyawa-senyawa penting tersebut diantaranya adalah protein, lemak, fruktosa, kalsium, besi, fosfor, vitamin A dan Vitamin B serta senyawa golongan tanin, asetogenin, alkaloida dan juga fitosterol.

Senyawa asetogenin yang tergandung di dalam buah sirsak ini di sebut-sebut sebagai senyawa anti tumor yang bermanfaat bagi para penderita kanker. So, penggunaan buah sirsak sebagai obat herbal, sudah tidak perlu diragukan lagi.

Sebenarnya, penelitian mengenai manfaat buah sirsak untuk diabetes secara spesifik masih terbilang baru dan beberapa ahli gizi mengatakan bahwa pernyataan ini belum teruji secara klinis sehingga belum ada pembuktian medis untuk mengukur keampuhan buah sirsak untuk diabetes.

Manfaat buah sirsak untuk diabetes

Tapi, menurut Mulyadi, ada beberapa penelitian medis yang baru-baru ini di lakukan, penelitian medis ini telah mulai berhasil mengungkapkan mekanisme kerja anti diabetes dari ekstrak daun sirsak. Dalam suatu percobaan yang di lakukan terhadap tikus, menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak mampu memperbaiki fungsi sel beta pankreas yang dimana sel ini berfungsi memproduksi insulin.

Dengan adanya penelitian tersebut akhirnya memberikan secercah harapan bagi para penderita diabetes dalam melawan penyakit yang sedang di deritanya itu. Demikian post tentang manfaat buah sirsak untuk diabetes.

Artikel sebelumnya:
 Buah semangka untuk diet
 Cara penanganan diare pada anak dan balita