Manfaat udang bagi tubuh

Manfaat udang bagi tubuh amatlah banyak. Hal ini karena udang memiliki kandungan protein yang amat tinggi. Selain memiliki kandungan protein tinggi, udang juga mempunyai rasa yang luar biasa nikmatnya. Saya demikian mengagumi kedahsyatan rasa dari udang. So, tidak heran bila udang telah menjadi makanan favorit banyak orang.

Namun begitu tidak sedikit juga orang yang takut untuk memakan makanan yang rasanya gurih dan nikmat ini. Hal itu disebabkan mengingat kandungan kolesterolnya yang tinggi, terlebih untuk mereka yang mempunyai koleterol tinggi. Tapi jangan takut, bagi yang kolesterolnya normal, udang dapat aman-aman saja untuk dikonsumsi. Dan silahkan dapatkan manfaat udang bagi tubuh, asal mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar.

Udang memanglah tidak hanya dapat meningkatkan kandungan kolesterol jahat ( LDL) didalam tubuh tetapi juga bisa menambah kandungan kolesterol baik ( HDL). Disamping itu udang juga memiliki nilai kalori dan lemak jenuh yang rendah hingga anda terus dapat mengonsumsinya. Bila anda tetap takut dengan kenaikan kolesterolnya maka baiknya anda mengukus atau membakarnya saja hingga kolesterol yang dihasilkan tidak terlampau tinggi.

Berikut adalah beberapa penjelasan yang lebih detil tentang manfaat udang bagi tubuh, yakni :

1. Menyehatkan saluran prostat
Kandungan zinc yang sangat tinggi pada udang berperan untuk memperlambat perkembangan sel kanker prostat. Dalam sehari tubuh manusia memerlukan zinc lebih kurang 10 sampai 15 mg. Ini adalah jumlah yang amat sedikit hingga anda dapat mencukupinya cuma dengan makan udang saja. So, udang begitu efisien saat menjaga kesehatan prostat.

2. Mengurangi efek depresi
Manfaat udang yang kedua yaitu udang dapat mengurangi efek depresi. Manfaat ini diperoleh karena udang memiliki kandungan asam lemak esensial serta omega-3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa omega-3 efektif dalam melindungi tubuh dari depresi serta dapat menambah mood pada seseorang yang tengah mangalami depresi. Disamping itu beberapa pakar meyakini bahwa omega-3 dapat menambah kekuatan otak.

3. Membantu mengolah lemak
Bagi anda yang mempunyai permasalahan dengan kegemukan barangkali dapat diatasi dengan mengkonsumsi udang. Udang memiliki kandungan Vitamin B3 (niasin) yang dapat bertindak saat mengubah lemak, karbohidrat serta protein menjadi energi. Vitamin B3 juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dengan cara menghindarkannya dari kulit menjadi kering dan bersisik.

Manfaat udang untuk tubuh

4. Menguatkan tulang
Kandungan fosfor pda udang dapat menguatkan tulang. Fosfor adalah zat penyusun tulang serta gigi yang dibantu oleh kalsium. Fosfor dan kalsium bekerja berbarengan untuk memperkuat tulang serta gigi. Namun perlu diperhatikan adalah saat memasak udang janganlah menghilangkan kulitnya dikarenakan bagian kulit udang memiliki kandungan “glucosamine” yang memiliki manfaat didalam pembentukan tulang rawan pada persendian, sehingga tulang dapat terhindar dari bahaya pengapuran.

5. Menambah energi
Kandungan zat besi yang tinggi pada udang dapat mengatasi orang dari kehilangan energi, misalnya letih dan mudah lelah. So, komsumsilah udang sehingga anda tidak gampang capek. Zat besi dapat membantu didalam sistem pembentukan kalori, dan kalori yang dihasilkan juga tidak terlampau tinggi maka energi yang dihasilkan juga tak lagi berlebih.

6. Mencegah anemia
Ini mungkin manfaat udang bagi tubuh yang saya suka, masalahnya udang dapat mencegah anemia. Hal ini karena udang memiliki kandungan vitamin B12 yang memiliki pernan penting dalam pembentukan sel darah merah. Bila sel darah merah bisa terpenuhi maka anda tak lagi menderita penyakit anemia.

7. Melindungi kesehatan kulit, rambut serta kuku
Udang dapat melindungi kesehatan kulit, rambut, dan kuku anda. Maka mengkonsumsi udang dapat menghindarkan dari kerusakan kulit dan rambut, serta kerapuhan kuku. Udang sebagai salah satu sumber protein serta mineral yang tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit rambut dan kuku anda.

8. Mencegah kanker
Manfaat udang yang terakhir yaitu udang dapat mencegah kanker. Udang mempunyai kandungan selenium yang amat tinggi. Selenium yaitu zat yang dapat mencegah perkembangan sel kanker dengan efisien. Setiap 85 gram udang kukus telah dapat mencukupi 48% keperluan harian tubuh. Bahkan menurut para peneliti dari institute of food research menyebutkan bahwa bila selenium digabungkan dengan sulforaphane maka kekebalan tubuh dapat meningkat hingga dapat menghindar penyakit kanker sampai 13 kali lipat termasuk kanker prostat. Suforaphane bisa didapat dari beberapa jenis sayuran seperti brokoli, kubis serta sayuran hasil persilangan yang lain. tersebut seluruh yang dapat kita nikmati dari manfaat udang.

Demikianlah manfaat udang bagi tubuh. Ternyata udang memiliki manfaat yang cukup mengejutkan, ya! So, jangan takut untuk mengkonsumsi udang, terutama bagi yang memiliki kolesterol normal.