24 Ramuan Ajaib Obat Alami Hipertensi

TEKANAN darah tinggi (hipertensi) menjadi faktor risiko serangan jantung. Dalam waktu lama, hipertensi bisa memicu berbagai penyakit kronis lainnya seperti jantung, diabetes, serta stroke. Jika penderita sudah terdiagnosa mengidap hipertensi, maka sebaiknya segera dilakukan langkah-langkah pengobatan. Penderita bisa menggunakan obat medis atau obat herbal alami yang sudah terbukti efektif berdasarkan studi ilmiah.

Penyakit Hipertensi hampir tidak mempunyai gejala sehingga seorang penderita hipertensi tidak pernah menyadarinya. Ada beberapa gejala yang sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi yaitu :

- Pusing
- Sakit kepala
- Perdarahan melalui hidung

Cara alami mengatasi tekanan darah tinggi

Perubahan gaya hidup dan cara penyembuhan alami bisa membantu mengontrol tekanan darah. Tetapi, dokter juga bisa merekomendasikan obat-obat tertentu yang berfungsi menurunkan tekanan darah. Sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol bisa merusak organ-organ dalam tubuh serta meningkatkan risiko serangan jantung, perdarahan otak, penyakit ginjal, serta gangguan penglihatan.

Obat alami Hipertensi yang bisa menjadi pilihan Anda adalah :

1. Bawang putih
Suplemen bawang putih bisa menurunkan tekanan darah diastolik yang signifikan sehingga bisa digunakan secara klinis pada pasien yang hipertensi ringan dan berat.

Sebaiknya penggunaan suplemen bawang putih harus dibawah pengawasan dokter karena bawang putih bisa mengencerkan darah (mengurangi kemampuan darah untuk mengental). Selain itu Bawang putih bisa berinteraksi dengan banyak obat pengencer darah seperti warfarin, pentoxifylline, aspirin, vitamin E, serta gingko. Pasien biasanya disarankan untuk menghentikan pemakaian suplemen bawang putih beberapa minggu sebelum dan sesudah menjalani operasi.

2. Minyak ikan
Konsumsi minyak ikan bisa mempengaruhi tekanan darah tinggi. Suplemen minyak ikan mengandung asam DHA (docohexaenoic acid) and EPA (eicosapentaenoic acid) yang berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Asam folik
Folat merupakan vitamin B yang penting dalam pembentukan sel-sel darah merah. Folat ini diyakini bisa menurunkan tekanan darah dengan cara mengurangi kadar homocysteine, zat yang merusak pembuluh darah. Sebuah studi kecil yang melibatkan 24 orang perokok menemukan, tekanan darah mereka turun secara signifikan setelah menggunakan suplemen asam folik selama 4 minggu.

Cara Pengobatan Hipertensi


1. ALANG_ALANG
Potong-potong 60 gr akar alang-alang,lalu rebus dalam 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga air tersisa 1 gelas Dinginkan, lalu saring minum 2 kali sehari sabanyak 1/2 gelas selama 10 hari

alang alang obat alami hipertensi

2. BAWANG MERAH
Cuci bersih 1 siung bawang merah yang telah dikupas lalu dimakan Atau biasakan memakan bawang marab yang telah dicampur dalam acar timun.

bawang merah obat alami hipertensi

3. BAWANG PUTIH
Ada 3 macam cara pengobatan darah tinggi dengan menggunakan bawang putih.
Cara Pertama:
Kupas 1 atau 2 siung bawang putih lalu kunyah-kunyah sampai halus kemudian ditelan. Setelah itu minumlah 1 cangkir air hangat. Lakukan 3 kali dalam sehari.
Cara Kedua :
2 siung bawang putih dipanggang di atas api lalu dimakan setiap pagi selama tujuh hari berturut-turut.
Cara Ketiga :
Tumbuk halus 3 siung bawang putih tambahkan air secukupnya.Peras dan saring lalu minum secara teratur.

bawang putih obat alami hipertensi

4. BAYAM
Cuci bersih 1 potong akar bayam duri berikut bonggolnya lalu dipotong-potong. Rebus dalam 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum air rebusan sekaligus.

bayam obat alami hipertensi

5. BELIMBING WULUH
Masak 25 gr biji srigading yang telah dihaluskan dalam 4 gelas air, tambahkan 3 buah belimbing wuluh segar. Saring dan dinginkan lalu minum 1 gelas sehari. Atau rebus 3 buah belimbing wuluh yang sudah dipotong-potong dengan 3 gelas air, biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan dan saring, minum setelah makan pagi.

belimbing wuluh obat alami hipertensi

6. DAUN ALPUKAT
Rebus 5 lembar daun alpukat dengan 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga airtersisa setengahnya. Saring lalu tambahkan gula dan aduk rata. Minum 2 kali sehari secara rutin.

daun alpukat obat alami hipertensi

7. DAUN PEGAGAN
Rebus 20 lembar daun pegagan dalam 3 gelas air hingga tersisa 3/4 nya. Minum air rebusan 3 kali sehari sebanyak 3/4 gelas.

daun pegagan obat alami hipertensi

8. JERUK NIPIS
Cuci dan potong-potong 2 buah jeruk nipis, 20 kuntum bunga jeruk nipis dan 30 lembar daun jeruk nipis. Rebus dengan 3 gelas air, biarkan mendidih hingga air tersisa sebanyak 2 1/4 gelas saja. Saring dan dinginkan lalu bagi menjadi 3 bagian. Tambahkan sedikit madu lalu minum setiap hari secara rutin.

jeruk nipis obat alami hipertensi

9. KEMANGI
Rebus daun kemangi dan belimbing wuluh secukupnya dengan 2 gelas air hingga air tersisa 1 gelas. Minum sekaligus sampai habis.

kemangi obat alami hipertensi

10. KUMIS KUCING
Ramuan ini membutuhkan daun kumis kucing yang basah dan kering masing-masing sebanyak 50 gr. Rebus daun kumis kering dengan air secukupnya. Daun yang segar diseduh dengan air panas. Campur kedua ramuan lalu saring. Minum 1 gelas sehari.

kumis kucing obat alami hipertensi

11. KUNYIT
Parut rimpang kunyit seukuran 1/2 jari. Tambahkan 1 sdm madu lalu remas-remas. Peras dan saring. Minum 2 - 3 kali sehari.

kunyit obat alami hipertensi

12. LOBAK
Tumbuk halus biji lobak yang sudah dikeringkan. Makan sebanyak 6 gr 3 kali sehari. Atau minumlah jus lobak segar 2 kali sehari sebanyak 1 cangkir kecil selama 1 minggu.

lobak obat alami hipertensi

13. MENIRAN
Rebus 50 gr meniran kering dalam 2 liter air. Biarkan mendidih air tersisa setengahnya. Saring lalu minum 2 kali sehari setelah makan sebanyak 1 gelas.

meniran obat alami hipertensi

14. MENGKUDU
Gunakan juicer atau jus extractor untuk mendapatkan san buah mengkudu. Campur buah mengkudu masak dengan air dan ambil sarinya. Minum setengah gelas secara teratur setiap hari.

mengkudu obat alami hipertensi

15. MENTIMUN
Rebus 150 gr mentimun dengan air secukupnya lalu minum air rebusan tersebut secara teratur setiap hari Atau parut 2 buah mentimun yang sudah dicuci bersih. Lalu diperas dan disaring. Minum air perasan tersebut 2 - 3 kali dalam sehari.

mentimun obat alami hipertensi

16. SAMBILOTO
Cuci bersih lalu seduh 5 sampai 7 helai daun sambiloto dengan air mendidih. Minum beberapa kali dalam sehari.

sambiloto obat alami hipertensi

17. SELADA AIR
Cuci bersih 2 atau 3 batang selada air lalu dikunyah dan airnya ditelan. Lakukan setiap hari hingga tensi darah kembali normal.

selada air obat alami hipertensi

18. SELEDRI
Cuci bersih seledri yang masih utuh sebanyak 16 batang lalu potong-potong kasar. Rebus dalam 2 gelas air hingga tersisa 15 gelas Bagi air rebusan menjadi 2 bagian lalu diminum. Seledri yang sudah direbus dimakan. Lakukan secara teratur. Hati-hati menggunakan resep ini, karena dapat mengakibatkan penurunan tekanan darah secara drastis.

seledri obat alami hipertensi

19. TAPAK DARA
Cuci lalu rebus 10 gr daun tapak dara dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Saring dan dinginkan lalu minum.

tapak dara obat alami hipertensi

20. TEMULAWAK
Haluskan 2 sdm rimpang temu lawak, 5 sdm rimpang kunyit 1 sdm asam hitam dan gula jawa secukupnya. Tambahkan 1/2 gelas air masak. Peras lalu minum 2 kali sehari selama 1 minggu.

temulawak obat alami hipertensi

21. BENALU
Petik tumbuhan benalu {Loranthus yadoripl) yang sering ditemukan tumbuh liar di pohon besar sebanyak 15 gr. Potong-potong tanaman itu. Jemur dan keringkan jika ingin menggunakan bahan ini dalam waktu lama. Rebuslah dengan 3 gelas air sampai airnya hanya tersisa 1 gelas. Minumlah setengah gelas, pagi dan siang hari.

22. CAMPURAN RUMPUT LAUT DAN BUI DAUN SENDOK
Siapkan rumput laut yang belum diolah sebanyak 15 gr. Tambahkan dengan 15 gr biji daun sendok. Setelah dibersihkan kedua bahan direbus dengan 3 gelas air sampai air tersisa hanya 1 gelas. Setelah disaring air rebusan dibagi untuk 2 kali minum, yakni pagi dan siang hari.

daun sendok obat alami hipertensi

23. CAMPURAN KUNYIT, MENIRAN, DAN BAHAN LAIN
Siapkan 1/4 genggam daun meniran, rimpang kunyit seukuran 1 jari, 10 buah belimbing wuluh dan sedikit gula aren. Cuci bersih semua bahan (kecuali gula aren). Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa sekitar 2 gelas saja. Setelah disaring dibagi untuk 3 kali minum, pagi, siang dan malam hari.

meniran obat alami hipertensi

24. CAMPURAN DAUN MURBEI, LEUNCA DAN BAHAN LAIN
Siapkan 20 lembar daun murbei, 8 buah leunca, 1/2 sendok teh adas, dan 3/4 jari pulosari. Cuci bersih semua bahan. Tambahkan sedikit gula aren agar tak terlalu pahit. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 2 gelas. Setelah disaring airnya dibagi untuk 3 kali minum. Pagi, siang dan malam hari.

murbei obat alami hipertensi

leunca obat alami hipertensi