Penanganan umum diare pada balita

Diare pada anak anda bisa bikin panik para orang tua. Jangan panik dulu, lakukan beberapa hal umum untuk antisipasi awal terhadap diare anak dan balita anda. Berikut ini beberapa cara penanganan umum diare pada balita.

- Jika bayi dan balita yang masih diberi ASI untuk makan dn minum, teruskan minum ASI (Air Susu Ibu). Dan untuk anak yang sudah tidak minum ASI, makan dan minum seperti biasa untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang

- Untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, berikan garam oralit. Namun Anda perlu memperhatikan tentang cara pemberian oralit yang benar. Caranya yaitu sebagai berikut, berikan segelas oralit dan minum sedikit demi sedikit, dua sampai tiga teguk, lalu berhentilah selama lebih kurang tiga menit. Lakukan cara tersebut diulang terus menerus sampai satu gelas oralit habis. Jika anak anda minum oralit satu gelas secara sekaligus dapat memicu muntah dan buang air besar.

- Untuk penanganan lanjut, segera periksakan anak Anda ke dokter bila mengalami ciri-ciri sebagai berikut:

  • Diare lebih dari 12 jam atau bila bayi anda tidak mengompol dalam waktu 8 jam, 
  • Suhu badan lebih dari 39°C, 
  • Terdapat darah dalam tinjanya, 
  • Mulutnya kering atau menangis tanpa air mata, 
  • Luar biasa mengantuk atau tidak ada respon.

Boleh juga dibaca obat herbal diare untuk anak di sini dan di sini.

Diare pada balita
Gambar dari lifebuoy.co.id

- Penanganan diare akut, secara umum ditujukan untuk mencegah atau menanggulangi dehidrasi serta gangguan keseimbangan elektrolit dan asam basa, kemungkinan terjadinya intoleransi, mengobati kausa dari diare yang spesifik, mencegah dan menanggulangi gangguan gizi serta mengobati penyakit penyerta.

- Dehidrasi dengan mengganti defisit. Pemberian oralit sesuai dengan defisit yang terjadi dilakukan guna rehidrasi pada dehidrasi ringan dan sedang.

Itulah beberapa hal penting seputar penanganan umum diare pada balita anda yang dikutif dari kompas.com. semoga bermanfaat. (health.kompas.com)

Post sebelumnya:
 Buah Smangka Untuk Diet
 5 Rempah penurun berat badan