Plus Minus Susu Kedelai

Plus minus susu kedelai mengakibatkan banyak orang yang berpindah ke minum susu kedelai dikarenakan alergi pada laktosa, yaitu  karbohidrat utama didalam susu sapi. Namun begitu susu kedelai pun memiliki plus minus bagi tubuh. Berikut plus minus  susu kedelai untuk kesehatan.

Susu kedelai yaitu sebagai pengganti untuk dikonsumsi oleh orang yang alergi dengan minum susu sapi. Susu kedelai, minuman yang terbuat dari sari kacang kedelai, adalah minuman yang popular di kalangan vegetarian, dikarenakan bahan dasarnya yang berasal dari tumbuhan.

Susu kedelai tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, namun juga bisa menambah risiko spesifik. Berikut  plus minus dari rutinitas minum susu kedelai :

Manfaat minum susu kedelai

1. Susu kedelai sebagai pengganti susu sapi yang sehat
Susu kedelai yaitu sumber protein yang baik, memiliki kandungan seluruh asam amino esensial, ditambah lagi mempunyai asam lemak esensial, kolin, vit., mineral serta fitonutrien. So, susu kedelai adalah alternatif yang sehat sebagai pengganti susu sapi serta susu kambing.

Susu kedelai memiliki kandungan 42 kali jumlah mangan seperti halnya susu sapi. Mangan dibutuhkan untuk pembentukan tulang. orang dengan anemia membutuhkan mangan untuk penyimpanan besi.

Susu kedelai memiliki kandungan empat kali jumlah thiamin ( vit. b1 ) serta nyaris 2 x jumlah niasin ( vit. b3 ) dibanding dengan susu sapi. Susu kedelai juga memiliki banyak kandungan magnesium, tembaga serta mangan seperti halnya susu sapi.

Plis Minus Susu Kedelai
2. Susu kedelai dapat menurunkan kolesterol jahat
Susu kedelai tidak bebas lemak. susu kedelai mempunyai 2 % lemak lebih sedikit dari susu sapi, namun begitu, susu kedelai tidak memiliki kandungan kolesterol jahat. Disamping itu, susu kedelai bisa kurangi kolesterol jahat LDL serta kurangi risiko penyakit jantung koroner. Susu kedelai juga sediakan perlindungan tambahan untuk hati dengan phytochemical, yang berlimpah didalam susu kedelai.

Bahaya minum susu kedelai

Tidak hanya manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengkonsumsi susu kedelai. Sebagaimana disebutkan di awal, bahwa susu kedelai memiliki plus minus. Dan berikut ini minusnya atau bahaya susu kedelai.

1. Susu kedelai dapat mengurangi kesuburan pria
Kandungan fitoestrogen isoflavon pada susu kedelai bisa merubah keseimbangan hormon seks pada pria ataupun wanita serta bisa mengurngi kesuburan pada pria.

Kandungan genistein serta daidzein pada kedelai, yang keduanya juga melakukan tindakan serupa estrogen serta dikenal sebagai fitoestrogen ( estrogen yang diproduksi tanaman ).

Berlebihan hormon estrogen pada pria bisa mengakibatkan pembesaran payudara ( ginekomastia ), melambat perkembangan rambut jenggot serta menghilangnya rambut di tangan serta kaki. Bahkan, terlalu berlebihannya estrogen bisa menyebakan masalah ereksi.

Dampak ini dapat dirasa semakin besar oleh pria yang memiliki berat badan lebih serta obesitas dibanding dengan pria kurus.

2. Dampak dari kacang kedelai hasil rekayasa genetika
Menurut departemen pertanian US, lebih kurang 93 % dari semua tanaman kedelai yang ditanam di amerika serikat datang dari tanaman rekayasa genetika.

Susu kedelai yang datang dari kacang kedelai hasil rekayasa genetika bisa menambah risiko penyakit misalnya masalah dengan pencernaan, jantung, disfungsi tiroid, memodifikasi susunan uterus serta ovarium, dan bahkan bisa merubah kesehatan reproduksi.

Demikianlah plus minus susu kedelai. Sehingga bagi Anda yang terbiasa mengkonsumsi sus kedelai disarankan tidak terlalu berlebihan. Namun begitu jangan pula dihentikan sama sekali, sebab yang berlebihan itu juga tidak baik dan memiliki dampak negatif terutama bagi kesehatan. Demikian plus minus susu kedelai.