Air Kelapa Minuman Isotonik

Air kelapa mengandung asam amino dan vitamin. Air kelapa muda juga memiliki kandungan komponen fitokimia berbentuk tanin. Tanin berbentuk antibakteri yang dapat menghalangi perkembangan bakteri. Silahkan baca juga, manfaat air kelapa.

Mineral terbanyak yang terkandung dalam air kelapa yaitu kalium, sedangkan kandungan natrium jumlahnya amat sedikit. Komposisi minuman dengan rasio kalium ( potasium ) terhadap natrium yang tinggi amat bermanfaat untuk kesehatan.

Komposisi zat gizinya mendekati cairan isotonik, yang cocok dengan cairan tubuh. Minuman isotonik bisa menukar mineral tubuh yang hilang melewati keringat sepanjang kegiatan olahraga atau aktivitas yang lain. Namun, jika  anda seorang yang aktif berolahraga harus waspada dengan pemakaian air kelapa sebagai minuman elektrolit.

Anda mesti tahu apakah jenis olah raga ringan atau berat, serta berapa lama berolah raga. Apabila olah raga terbilang berat, katakanlah aerobik sepanjang 3 jam tanpa henti, tubuh dapat kehilangan banyak sodium.

Air kelapa muda

Nah, mengonsumsi air kelapa tidak dapat mengimbangi keperluan tubuh pada sodium, jika Anda berolahraga berat atau mengeluarkan banyak keringat. Hal ini karena sodium didalam air kelapa cuma sedikit.

Bila ini yang berlangsung, tubuh dapat kekurangan sodium. mengakibatkan, otot tidak dapat berkontraksi dengan baik. Detak jantung serta manfaat organ tubuh dapat terganggu. Risiko terburuknya ? Anda dapat pingsan.

Dan bila olah raga yang dikerjakan tidak tergolong berat, layaknya jalur cepat sepanjang 1 jam atau beryoga contohnya, minum air kelapa tidak problem. Syaratnya, terus mengonsumsi air-mineral biasa. Kompas.com.