Cara alami atasi nyamuk

Cara alami atasi nyamuk kali ini adalah cara alami mengatasi untuk mengusir nyamuk. Sedangkan untuk mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk pernah dibahas di blog ini yaitu melalui berbagai bahan herbal seperti teh celup, lidah buaya, madu, dan cuka apel. Bahkan di sana dijelaskan juga penggunaan es untuk mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk.

Silahkan yang ingin mengetahui cara mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk bisa dilihat post di sini cara alami atasi nyamuk.

Oke sebagaimana disebutkan di atas bahwa post kali ini lebih kepada bagaimana cara alami atasi nyamuk melalui cara pengusiran nyamuk. Hasil googling saya simpulkan bahwa cara pengusiran nyamuk secara halus dan tanpa kekerasan :) bisa dilakukan dengan dua cra.

Tips pertama cara alami atasi nyamuk yaitu dengan mengunakan tanaman pengusir nyamuk. Berikut jenis-jenis tanaman pengusir nyamuk yang bisa Anda coba di rumah.

- Zodia. Tanaman zodia berasal dari Papua, memiliki bentuk daun yang pipih panjang dan berwarna hijau kekuningan. Tanaman zodia mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine yang tidak disukai nyamuk. Aroma wangi dari kedua zat yang dimiliki tanaman pengusir nyamuk ini akan tercium ketika tertiup angin.

- Lavender. Pastinya sudah banyak yang mengenal tanaman dengan bunga tanaman yang berwarna ungu ini. Bunga lavender memang biasa dipakai dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk.Selain wanginya dapat bermanfaat sebagai aroma terapi untuk mengatasi stres, juga bisa mengusir nyamuk. Untuk menggunakan dan memperoleh manfaatnya cobalah untuk menggosokkan pada bagian kulit yang biasa kena gigitan nyamuk.

- Serai. Kandungn zat geraniol dan sitronelal  yang terkandung dalam serai menjadikan tanaman ini dimusuhi nyamuk. Oleh karena khasiatnya yang dapat mengusir nyamuk membuat ekstrak serai dimanfaatkan untuk pembuatan lotion pengusir nyamuk.

- Geranium. Nyamuk tidak meyukai tanaman ini karena kandungan zat geraniol dan sitronelol yang dimiliki. Anda cukup menempatkan tanaman geranium di tempat yang terkena tiupan angin. Aroma geranium akan tercium jika daunnya saling bergesekan.

- Rosemary. Rosemary, yang bentuk daunnya menyerupai jarum, memiliki aroma yang mirip minyak kayu putih. Cara memanfaatkan rosemary yaitu dengan cara menggosok-gosokan daunnya ke kulit.

Tips selanjutnya untuk cara mengatasi nyamuk yaitu dengan cara manual atau perlakuan khusus. Baiklah silahkan ikuti tips berikut.

Cara alami atasi nyamuk
- Jangan membiasakan menggantung terlalu banyak kain atau pakaian di gantungan baju, serta jangan menumpuk barang-barang yang tidak perlu di kamar.

- Biasakan untuk menutup pintu serta jendela setiap sore, sekitar jam 5 sore. Dan bukalah pintu dan jendela setiap pagi hari, dilakukan saat cahaya matahari sudah muncul, yaitu sekitar jam 7 pagi.

- Anda dapat menggunakan kawat kassa nyamuk di jendela rumah untuk mengatasi agar nyamuk tidak bisa masuk ke dalam rumah.

- Tips untuk mengusir nyamuk juga dapat menggunakan air rendaman kapur barus. Siapkan kira-kira segelas air. Lalu masukkan beberapa butir kapur barus. Dan tempatkan  di bawah meja, di bawah tempat tidur, atau dapat juga di salah sudut ruangan.

Demikian beberapa tips untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda tanpa perlu capek melakukan tepuk sana-tepuk sini :) Demikian cara alami atasi nyamuk.