Obat Eksim Alami

Obat eksim alami sebenarnya beberapa cara sudah pernah dibahas di blog ini. Diantaranya ada yang memakai temulawak, ada juga yang memakai bahan kelapa muda, bahkan ada juga yang menggunakan bahan dasar bandotan dan teratai.

Pada postingan kali ini akan dibahas mengenai obat alami eksim yang lainnya yaitu dengan memakai bahan tanaman herbal kangkung.

Di wikipedia.org disebutkan bahwa eksim atau sering disebut eksema, atau dermatitis adalah peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan lepuh atau gelembung kecil (vesikel) pada kulit hingga akhirnya pecah dan mengeluarkan cairan.

Lebih lanjut dijelaskan mengenai beberapa material yang dapat memperburuk eksim adalah pasir, debu, deterjen, sabun, busa sabun, parfum, stres, gangguan emosi, klorin, serta penggarukan dan penggosokan.

Suhu lingkungan yang ekstrem, seperti cuaca dingin dengan kelembaban yang rendah dan udara kering, juga dapat memperburuk penyakit eksim. Pada beberapa kasus, alergi terhadap makanan juga mempengaruhi eksim. Contohnya makanan seperti susu sapi, ikan, telur, jeruk, kacang, dan gandum.

Mengatasi Eksim dengan Obat Eksim Alami

Obat Eksim Alami
Begitu sekilas penjelasan tentang eksim dan pemicunya. Nah bagaimana caranya untuk mengatasi eksim? Dijelaskan bahwa eksim yang ringan sebetulnya tidak membutuhkan pengobatan, tetapi mesti dijaga hidrasi kulit agar tidak terlalu kering. Untuk menjaga hidrasi kulit dapat menggunakan krim hidrokortison pada area kulit yang terinfeksi beberapa kali dalam sehari.

Lalu adakah obat eksim alami? Yup, selain Anda juga dapat melakukan kompres dingin dan pemberian antibiotik, boleh dicoba ramuan obat eksim alami dengan menggunakan kangkung.

Resep ini saya peroleh dari bukunya dr. Setiawan Dalimartha, dengan menggunakan daun kangkung. Caranya sediakan daun kangkung secukupnya, rebus dengan air hingga mendidih sekitar 15 menit.

Nah air rebusan daun kangkung ini yang digunakan untuk membasuh bagian yang terkena eksim. Demikian obat eksim alami.