Peyakit Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan

Penyakit daya tahan tubuh saat musim hujan datang biasanya seputar demam, ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas), dan Deman Berdarah Dengeu (DBD). Beberapa penyakit yang menyerang daya tahan tubuh tersebut secara mudah dapat menghinggapi setiap masyarakat yang daya tahan tubuhnya menurun.

1. Diare dan Muntaber
Diare ditandai dengan sering BAB berupa cair dan dengan terus-menerus. Parahnya BAB ini disertai dengan rasa mulas. Diare bisa menyebabkan dehidrasi dan dapat fatal jika menyerang bayi atau balita jika tidak segera ditangani.

Nah jika muntah berak (muntaber) memiliki resiko yang lebh tinggi lagi dikarenakan dibarengi dengan muntah-muntah hingga orang yang menderita muntaber dapat kehilangan cairan elektrolit yang semakin banyak. Pasien muntaber mesti segera memperoleh perawatan dari dokter. Baca juga, air kelapa muda untuk muntaber.

2. ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas)
Infeksi Saluran Pernapasan Atas  (ISPA) kerap nampak pada saat musim hujan atau biasanya terjadi sesudah banjir. Kondisi tersebut (setelah banjir atau musim hujan) biasanya akan memiliki kelembapan hawa serta lingkungan yang kotor. Hal ini dapat menyebabkan virus serta bakteri bisa cepat berkembang biak. Penyakit ISPA biasanya ditandai dengan sukar bernafas, tenggorokan sakit, demam, flu serta batuk.

3. Deman Berdarah Dengeu (DBD )
Penyakit DBD ditandai dengan demam tinggi, kejang, bintik merah pada kulit layaknya ruam, mual, sakit kepala, sendi, otot serta ulu hati nyeri, nyeri di semua perut serta waktu menelan makanan. Penyakit yang datang dari nyamuk aedes aegypti  ini bisa mematikan. Baca juga, pencegahan Demam Berdarah Dengue.

Berikut ini tips sederhana untuk membantu menjaga daya tahan tubuh supaya Anda bisa terhindar dari penyakit yang menyerang daya tahan tubuh, terutama pada saat musim hujan, kemarau, atau pergantian musim.

Menjaga kebugaran untuk daya tahan tubuh

  • Lakukan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup dapat membantu memulihkan kondisi tubuh agar lebih sehat.
  • Lakukan olahraga secara teratur dan dengan porsi yang cukup.
  • Makanlah makanan yang cukup gizi agar tubuh terus terjaga kesehatannya. Jangan lupa juga untuk makan dengan porsi yang cukup.
  • Konsumsilah makanan yang memiliki kandungan serat tinggi dan cukupilah keperluan vitamin harian Anda.
  • Jaga kebersihan lingkungan, tutup lubang-lubang yang tergenang air supaya tidak menjadi sarang nyamuk.
  • Menjaga kebersihan makanan serta minuman yang dikonsumsi.
  • Menjaga kebersihan tubuh.
  • Menjaga stamina tubuh dengan mengkonsumsi gizi yang baik serta seimbang.
Itulah beberapa saran cara menjaga daya tahan tubuh dari penyakit yang menyerang daya tahan tubuh terutama di musim hujan.