Cara Mengatasi Gejala Insomnia

Sebelum ke pembahasan cara mengatasi gejala insomnia, mari kita simak apa itu pengertian insomnia. Insomnia yaitu kesukaran untuk mengawali tidur atau juga kesulitan untuk menjaga tidur. Susah tidur ini dikarenakan oleh gangguan mekanisme dan waktu tidur itu sendiri.

Beberapa penyebab lainnya Anda memiliki gejala insomnia, boleh jadi ditambah lagi dengan memiliki pola hidup tidak sehat.

Beberapa hal yang menunjukkan pola hidup tidak sehat, seperti tidak memiliki jam tidur yang teratur, kerap tidur sampai larut malam, serta rutinitas mengonsumsi minuman yang memiliki kandungan kafein dan stimulan lainnya sepertu kopi, teh, bahkan alkohol tiap kali menjelang tidur.

Oke, berikut akan saya share cara mengatasi gejala insomnia, tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan.

    Cara Mengatasi Gejala Insomnia
  • Lakukan olahraga dengan teratur. Berolahraga teratur bisa menolong permasalahan insomnia Anda. Olahraga bisa dikerjakan saat pagi hari. Dan jika sore hari, lakukan olahraga minimal Anda memiliki tenggang waktu selesai berlahraga 3 jam menjelang tidur. Jangan lakukan olahraga beberapa menit  menyambut tidur. 
  • Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur malam. Makanan yang terlampau banyak dapat mengakibatkan perut jadi tidak nyaman serta begah, dan minum yang terlampau banyak dapat mengakibatkan Anda akan sering terbangun ke toilet. Hal ini tentunya dapat mengganggu tidur anda.
  • Tidur dengan lingkungan yang nyaman serta aman. Matikan lampu, handphone, atau apapun yang dapat mengganggu kenyamanan tidur Anda setiapmenjelang tidur. Yakinkan anda nyaman dengan suhu ruangan kamar tidur anda.
  • Kurangi mengonsumsi minuman yang memiliki sifat stimulan seperti kopi, teh, alkohol dan rokok. Beberapa jenis minuman tersebut dapat mengakibatkan anda sulit tidur.
  • Anda bisa mengkonsumsi camilan yang memiliki kandungan sedikit karbohidrat dalam menyambut tidur. Minum juga segelas susu hangat.

Itulah lima buah tips yang harus Anda lakukan jika ingin memiliki tidur yang berkualitas. Demikian cara mengatasi gejala insomnia. Semoga berguna.