INILAH BEBERAPA SEBAB JIKA GIGI BERLUBANG

Jika gigi berlubang, maka jangan pernah salahkan tetangga Anda :) Karena jika gigi berlubang, itu adalah akibat ulah kita sendiri yang tidak menjaga dan merawatnya. Apa sajakah hal hal yang bisa mengakibatkan gigi kita sampai berlubang dan tidak utuh lagi? Berikut ini adalah beberapa sebabnya :

SEBAB JIKA GIGI BERLUBANG
Gambar dari health.kompas.com

1. Terlalu banyak mengkonsumsi permen atau gula gula

Coba lihat anak anak, mereka pasti menyukai permen dan gula gula. Hal ini memang wajar dan hasilnya pun bisa dilihat pada gigi mereka, sudah pasti rusak dan berlubang.

Jika sampai dewasa Anda tidak bisa menghindari hal tersebut, maka gigi Anda pun akan mengalaminya, namun bedanya kalau waktu anak anak giginya akan diganti dengan yang baru secara alami, nah pada waktu dewasa gigi Anda baru bisa diganti dengan yang baru jika pergi ke dokter gigi dan memasang gigi palsu.. :)

2. Jarang dan kurang bersih menyikat gigi

Jangan pernah pikir kalau anjuran untuk menyikat gigi secara teratur itu sebagai hal sepele. Walaupun menyikat gigi itu hal mudah, namun banyak orang yang malas dan jarang menyikat gigi. Menyikat gigi idealnya dilakukan pada waktu pagi hari saat bangun tidur, setiap selesai makan, dan sebelum tidur.

Jika Anda membiasakan diri menyikat gigi pada waktu waktu tersebut, maka gigi akan terhindar dari kuman yang bisa merusakkan gigi. Terlebih lagi sebelum tidur, jika tidak menyikat gigi terlebih dulu, kuman akan bersenang senang merusak gigi Anda, karena ada bantuan dari sisa makanan yang menempel di gigi.

Untuk yang sering menyikat gigi pun, bisa jadi Anda akan memiliki gigi berlubang, hal itu karena cara menyikat gigi yang kurang tepat dan tidak bersih. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang cara menyikat gigi yang benar, silahkan cari saja di referensi lainnya, pasti banyak tersedia.

3. Sering Mengkonsumsi Minuman bersoda

Jika gigi berlubang padahal sudah menyikat gigi dengan benar dan rutin, dan sudah menghindari permen dan gula gula, mungkin Anda sering mengkonsumsi minuman bersoda. Minuman bersoda memiliki keasaman yang tinggi, hal ini bisa membuat gigi kehilangan mineralnya dan menjadi mudah rusak.

Oleh karena itu sebaiknya, kurangi konsumsi minuman bersoda, dan kalau bisa saat meminumnya agar menggunakan media sedotan, supaya gigi tidak langsung tersiram minuman soda tersebut.

Itulah hal hal yang harus diperhatikan jika gigi berlubang. Sebaiknya sebelum gigi Anda terlanjur berlubang, perhatikan hal hal tersebut agar Anda tidak menyesal nantinya.