5 Sayuran Yang Bagus Untuk Mata

Berikut ini sayuran yang bagus untuk mata, selain juga buah-buahan seperti pada post sebelumnya mengenai buah yang bagus untuk mata.

Wortel
Sudah banyak yang mengenal manfaat wortel jenis sayuran yang bagus untuk mata. Wortel tak hanya mengandung vitamin A, juga memiliki kandungan beta karoten yang dimaksud karotenoid.

Tubuh dapat merubah beta-karoten menjadi vitamin A, yang bertindak didalam sistem bioelektrik di mata. Betakarotein berperan membuat perlindungan sel mata dari rusaknya yang dikarenakan oleh radikal bebas akibat polusi serta tuturan cahaya matahari yang berlebih.

Bayam
Disamping bayam memiliki kandungan vitamin C dan betakaroten, bayam juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk mata yaitu lutein serta zeaxathin. Bayam juga mengandung zat berkhasiat lainnya seperti zat besi, vit. k, folat serta kalori yang rendah, yang baik untuk mata.

Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa orang yang mengkonsumsi sayuran hijau mempunyai efek penurunan degenerasi makula.

Sayuran Yang Bagus Untuk Mata
Ubi jalar
Ubi juga juga merupakan makanan yang kaya kandungan vitamin A.  Selain itu, ubi jalar juga kaya akan vitamin C serta betakaroten.  Kandungan zat bermanfaat tersebut baik untuk memelihara kesehatan mata.

Bawang putih 
Jenis sayuran yang biasa terdapat di dapur ini memiliki kandungan sulphur yang dibutuhkan untuk produksi glutation, yakni antioksidan yang bagus untuk lensa mata. Baca juga 8 khasiat bawang putih yang dahsyat.

Bawang bombay
Selain bawang putih, bawang bombay juga merupakan jenis bumbu dapur yang baik untuk mata. Bahkan dalam pengobatan China, bawang bombay sudah dimanfaatkan untuk mengatasi batuk, radang tenggorokan, infeksi bakteri dan masalah pernapasan.

Itulah share mengenai lima jenis sayuran yang baik untuk mata. Semoga dengan mengetahui jenis sayuran tersebut, Anda tidak lagi menjadi segan untuk mengkonsumsi jenis-jenis sayuran sebagaimana yang telah saya sebutkan di atas.