Telinga Sakit Saat Flu

Telinga sakit saat flu mungkin kerap dialami oleh Anda yang sering kali mengalami flu dan pilek, demam, bahkan sakit kepala. Apa saja yang bisa menyebabkan telinga sakit saat flu, mari kita telaah.

Flu atau influensa merupakan salah satu diantara penyakit yang sangat kerap serta sangat mudah menyerang manusia. Walau telah berulang-kali terkena, manusia tidak dapat kebal pada penyakit yang satu ini.

Walaupun flu tergolong penyakit yang kerap kali Anda sepelekan, namun pastinya masih banyak mendatangkan ketidaknyamanan yang amat mengganggu saat Anda mengalaminya. Terlebih pada anak-anak, flu dapat saja menjadi penyakit yang beresiko untuk fisik mungil serta rapuh mereka.

Flu dapat mengakibatkan Anda mengalami demam, pusing kepala, linu-linu pada tubuh, terhalangnya saluran pernafasan. Disamping itu dampak lainnya akibat flu bisa mengakibatkan telinga sakit saat flu. Situasi seperti  ini bisa diakibatkan oleh adanya pembengkakan pada saluran hidung, tenggorokan serta saluran eustacius (lubang hidung sisi belakang) yang menyebabkan peradangan.

Sebagaimana kita tahu, manfaat saluran eustacius yaitu untuk melindungi keseimbangan tekanan udara pada telinga kiri serta telinga kanan. Pembengkakan yang terjadi pada saluran hidung otomatis membuahkan lendir yang cukup tidak tipis serta menghambat kinerja saluran eustacius saat mengalirkan cairan tersebut, dan akhirnya dapat menyebabkan sakit telinga ketika flu.

Terdapat persepsi yang salah di masyarakat saat mengatasi hidung terhalang saat flu, yaitu melalui cara meniup hidung keras-keras supaya hidung terhalang jadi lega. Bila tiupan terlampau kuat justru dapat memperburuk situasi saluran eustacius yang terinfeksi serta mengakibatkan telinga  sakit  saat flu makin kronis.

Telinga Sakit Saat Flu

Hal tersebut sebenarnya merupakan efek samping dari sakit flu. Dengan penyembuhan flu biasa umumnya rasa sakit di telinga tersebut akan berangsur-angsur pulih. Namun demikian, waspadalah jika telingan sakit saat flu ini terjadi pada anak-anak, atau mungkin juga sakit telinga pada ibu hamil, umumnya perihal ini dapat menjadi lebih kronis atau berisiko, hingga memerlukan penanganan khusus.

Untuk menangani masalah telinga sakit saat flu, anda dapat mencoba resep penyembuhan dengan menggunakan obat alami sakit telinga saat flu, yakni dengan memakai bahan parutan satu ons kencur, diseduh air panas kemudian disaring serta diberi perasan jeruk nipis plus gula. Konsumsi dengan cara diminum 2 x 1 hari.

Silahkan untuk berkonsultasi dengan dokter THT bila sakit yang dihadapi tidak juga membaik sesudah dua hari atau lebih. Demikian share mengenai telinga sakit saat flu.